3 Cara Menghitung Pajak Progresif Mobil Bagi Anda yang Belum Tahu.

3 Cara Menghitung Pajak Progresif Mobil Bagi Anda yang Belum Tahu. Setiap tahunnya banyak sekali produksi mobil baru yang dipasarkan di Indonesia Mobil-mobil tersebut hadir dengan inovasi serta fitur-fitur terbaru dan semakin canggih. Banyaknya orang yang mampu memiliki mobil sendiri, menjadi salah satu faktor meningkatnya penjualan mobil di Indonesia.

Jadi tidak heran jika para produsen mobil berlomba-lomba menciptakan mobil terbaik dan dipasarkan di Indonesia. Berbicara tentang mobil, tentu ada pajak tahunan yang harus dibayar oleh pemilik kepada negara. Pajak tersebut biasa disebut sebagai pajak progresif yang memiliki aturan serta tata cara yang berlaku. Masih banyak masyarakat awam yang belum mengetahui apa yang dimaksud dengan pajak progresif tersebut.

Apa Itu Pajak Progresif Mobil

Pajak progresif mobil ialah tarif pemungutan pajak menggunakan persentase yang didasarkan pada jumlah atau kuantitas mobil serta berdasarkan harga dan nilai mobil tersebut. Sebagian besar masyarakat masih ada yang belum paham tentang perhitungan pajak progresif pada mobil. Ada beberapa cara menghitung pajak progresif mobil yang harus anda ketahui agar dapat memperkirakan biaya.

Baca Juga:  5 Harga Mobil Suzuki Terbaru 2021

Bagaimana Cara Menghitungnya Pajak Mobil?

Pajak tersebut sejatinya hanya diterapkan pada kendaraan yang memiliki kesamaan nama dan alamat pemilik. Sehingga besarnya pajak progresif akan mengalami peningkatan jika kita terus menambah koleksi kendaraan bermotor terutama mobil. Sama halnya dengan kendaraan yang kita keluarkan atau jual, jika orang yang membeli tidak melakukan balik nama maka yang akan dikenakan pajak dia itu diri kita sendiri.

1.      Mencari Tahu NJKB

Cara menghitung pajak progresif mobil pertama yang harus kalian ketahui yaitu mencari tahu nilai jual kendaraan bermotor atau (NJKB). Dalam hal ini kalian perlu mengetahui harga pasaran mobil yang kalian miliki. NJKB tersebut bukan harga pasaran umum melainkan harga yang telah dipatok oleh Dinas Pendapatan Daerah yang mana sebelumnya telah mendapatkan data dari pihak Agen Pemegang Merek.

Dalam hal ini kalian bisa mencari tahu pada pihak dinas pendapatan daerah seputar harga mobil yang dimiliki. Langkah yang pertama ini menjadi salah satu cara paling dasar untuk mengetahui harga pajak progresif mobil. Jadi kalian perlu mengetahui terlebih dahulu nilai jual kendaraan bermotor pada tahun tersebut. Itulah langkah pertama yang harus kalian lakukan untuk mengetahui biaya pajak progresif mobil.

Baca Juga:  Alasan Populernya Mesin Karburator Brebet dan Late Gas

2.      Berdasarkan efek negatif

Cara menghitung pajak progresif mobil yang kedua yaitu melihat efek negatif atas pemakaian kendaraan agar dapat merefleksikan tingkat kerusakan jalan. Pada hal ini, biasa dinyatakan dalam koefisien yang jumlahnya satu atau lebih. Bagi sebagian orang tentu hal ini sedikit rumit karena kebanyakan dari masyarakat Indonesia tidak ingin mencari tahu tentang progresif mobil mereka.

Jadi pada langkah yang kedua ini kita perlu mengetahui rumus NJKB. Rumus tersebut berupa (PKB : 2) × 100. Sedangkan untuk mengetahui nilai Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) bisa kita temukan pada lembar STNK bagian belakang. Jadi itulah langkah kedua yang harus kita lakukan untuk menghitung jumlah pajak progresif pada mobil yang sedang kita miliki.

3.      Menghitung rumus NJKB

Cara menghitung pajak progresif mobil ketiga yang harus kita lakukan yaitu menghitung rumus NJKB. Penghitungan pajak ini berhubungan dengan jumlah mobil yang sedang kalian miliki. Sebab persentase akan semakin meningkat jika mobil yang kalian koleksi begitu banyak. Apalagi jika kalian memiliki beberapa mobil dengan satu merek dan dibeli pada tahun yang sama tentu akan menambah biaya pajak progresif.

Baca Juga:  Tips Ampuh Menghilangkan Bunyi Decit Rem Cakram Motor

Jadi kalian perlu menghitung rumus tersebut dengan tepat dan mengetahui terlebih dahulu tentang PKB. Lakukan perhitungan dengan persentase yang benar, terutama jika kalian memiliki kendaraan bermotor lebih dari satu. Jadi itulah langkah terakhir yang harus kalian lakukan untuk menghitung jumlah pajak progresif pada mobil.

Cara menghitung pajak progresif mobil memang sedikit rumit jika kita tidak mengetahui tentang rumus dan ketentuan yang telah ditetapkan. Namun jika kita mempelajari dengan teliti, maka dapat dengan mudah untuk menentukan hasilnya. Jadi itulah cara menghitung pajak progresif pada mobil yang sedang kita miliki agar bisa menyiapkan biaya yang harus dikeluarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.