3 Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Honda yang Perlu Anda Tahu.

3 Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Honda yang Perlu Anda Tahu. Semakin canggihnya teknologi, para produsen sepeda motor berlomba-lomba menghadirkan motor terbaik. Berbagai fitur terbaru dihadirkan sebagai bentuk inovasi dari perusahaan tersebut. Tujuannya yaitu untuk menarik minat para konsumen di pasaran agar menggunakan produk mereka.

Berbicara tentang produksi sepeda motor, ada salah satu perusahaan yang memiliki daya jual tinggi di pasaran. Perusahaan tersebut memiliki produk-produk dengan inovasi terbaik. Berhubung kita sedang membahas seputar motor Honda, ada salah satu topik yang sangat menarik untuk dibahas. Topik tersebut yaitu tentang sistem kelistrikan sepeda motor Honda yang  hampir sama dengan perusahaan lainnya.

Sistem Kelistrikan Honda

Sistem Kelistrikan Sepeda Motor Honda terbilang lengkap dengan hadirnya inovasi-inovasi yang sedang mereka usung. Salah satu keunggulan produsen asal Jepang tersebut yaitu pada sistem kelistrikan itu sendiri. Namun yang akan menjadi pembahasan kita kali ini yaitu beberapa sistem kelistrikan dasar yang ada pada motor Honda. Sistem kelistrikan ini terbilang hampir sama dengan para kompetitor lainnya.

TRENDING :  Ketahui Fungsi dari Tombol Engine Cut Off di Motor

Apa Saja Sistem Kelistrikan Honda?

Sistem kelistrikan menjadi salah satu komponen penting yang ada pada sepeda motor. Tampa adanya sistem kelistrikan tersebut, keberadaan mesin akan menjadi tidak berguna. Sehingga sistem kelistrikan ini memiliki peranan penting pada sepeda motor yang sering kita gunakan. Lalu apa saja sistem kelistrikan pada sepeda motor Honda yang perlu kita ketahui bersama? Berikut penjelasannya lengkapnya :

TRENDING :  Tips Beli Mobil Bekas: Cara Cek Rem Pada Nissan Serena

1.      Sistem kelistrikan body

Salah satu sistem kelistrikan sepeda motor Honda yang paling banyak diketahui oleh orang-orang yaitu kelistrikan body. Banyak bagian pada motor yang tergolong pada sistem kelistrikan body ini. Beberapa bagian tersebut meliputi baterai yang menjadi salah satu sumber energi untuk mengirim daya pada mesin. Masih banyak lagi bagian pada motor Honda yang tergolong dalam sistem kelistrikan body tersebut.

Misalnya seperti kumparan dan kiprok, yang bekerja sebagai generator dan bertugas untuk menghasilkan arus listrik. Keduanya memiliki hubungan erat, sebab  kiprok atau regulator berperan dalam mengatur listrik yang dihasilkan oleh kumparan. Dalam hal ini, sistem kelistrikan body ini merupakan salah satu sistem kelistrikan paling penting yang ada pada sepeda motor, termasuk Honda.

TRENDING :  Tips Beli Motor Bekas, Penyebab XMAX Goyang di Jalan

2.      Sistem pengapian CDI

Sistem kelistrikan sepeda motor Honda kedua yang akan menjadi pembahasan kita yaitu sistem pengapian CDI. Sistem kelistrikan yang satu ini berkenaan dengan komponen kapasitor yang mana komponen ini memiliki kemampuan guna menyimpan dan melepaskan sejumlah elektron. Sedang elektron tersebut merupakan salah satu bagian yang bekerja secara spontan yang digunakan untuk menyalakan CDI.

Adanya kemampuan tersebut sering kali digunakan untuk melakukan induksi elektromagnetik pada koil penyalaan. Sedang cara kerjanya yaitu pada saat arus dilepaskan dari kapasitor, setelah itu akan langsung diarahkan ke kumparan primer. Akibatnya, kumparan sekunder dapat meningkatkan tegangan hingga 20 kv atau lebih dan adanya tegangan akan dikirim ke busi untuk disemprotkan.

TRENDING :  Cara Menggunakan Engine Brake Pada Kendaraan Matic

3.      Sistem Kelistrikan pengisian

Sistem kelistrikan sepeda motor Honda ketiga yang akan menjadi pembahasan kita kali ini yaitu sistem pengisian. Setiap kendaraan bermotor tentunya memiliki sistem kelistrikan yang komplit, termasuk sistem pengisian tersebut. Namun setiap jenis kendaraan atau bahkan setiap perusahaan memiliki beberapa perbedaan karena melihat dari kebutuhan terhadap sistem kelistrikan itu sendiri.

Cara kerja sistem pengisian pada motor memang tidak jauh berbeda dengan sistem pengisian yang ada pada mobil. Namun yang membuat keduanya berbeda yaitu sistem pengisian pada motor lebih disederhanakan. Hal ini membuktikan bahwa setiap jenis kendaraan bermotor memiliki model serta cara kerja yang berbeda pada sistem kelistrikannya, termasuk pada sepeda motor Honda tersebut.

TRENDING :  3 Harga Mobil Datsun Terbaru 2021

Sistem kelistrikan sepeda motor Honda hampir sama dengan jenis motor lainnya sehingga tidak memiliki perbedaan yang mencolok. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan jika paham tentang sistem kelistrikan pada motor. Sebab ilmu tersebut sangat penting terutama bagi kita yang memiliki kegemaran terhadap motor. Jadi itulah pembahasan singkat mengenai sistem kelistrikan pada motor.

Check Also

Daftar Harga Mobil Land Rover Terbaru 2021

Daftar Harga Mobil Land Rover Terbaru 2021

Daftar Harga Mobil Land Rover – Ada banyak beberapa perusahaan otomotif terpenting yang perlu beralih …