5 Asuransi Mobil Syariah yang Paling Direkomendasikan

asuransi mobil syariah
asuransi mobil syariah

5 Asuransi Mobil Syariah yang Paling Direkomendasikan – Mengasuransikan mobil, nyatanya memiliki sejumlah manfaat. Di mana tujuan utamanya adalah untuk memberikan kenyamanan ketika berkendara, karena kendaraaan yang digunakan telah memiliki asuransi.

Baca juga artikel lain di : https://www.shorenza.com/

Tidak hanya itu, mobil yang telah diasuransikan, juga tidak hanya sebatas alat ganti rugi jika terjadi kecelakaan, kebakaran atau diakibatkan karena huru hara. Namun asuransi mobil juga bisa dimanfaatkan sebagai investasi perawatan.

Dimana perawatan mobil tidaklah murah, bahkan kerap memaksa penggunanya, untuk merogoh kocek lebih dalam. Karena itu, memilih melindungi mobil kesayangan Anda dengan asuransi, memang tidak ada salahnya.

Selain asuransi konvensional, saat ini pun Anda sudah bisa mendapati asuransi, yang bisa menjamin risiko kerugian finansial atas mobil, dengan berlandaskan hukum syariat.

Perbedaan Asuransi Mobil Konvensional dan Syariah

Berikut ini adalah perbedaan yang perlu Anda ketahui, antara asuransi mobil konvensional dan asuransi mobil syariah.

  1. Pada asuransi konvensional akan menggunakan prinsip transaksi jual beli. Dimana kedua belah pihak dalam hal ini perusahaan asuransi dan nasabah, mengharapkan keuntungan. Sementara pada asuransi syariah, menerapkan prinsip tolong menolong atau dikenal dengan istilah ta’awuni.
  2. Proteksi syariah menerapkan prinsip sharing of risk atau kepemilikan dana bersama.
  3. Halal

Rekomendasi Asuransi Mobil Syariah

Berikut ini adalah lima rekomendasi asuransi mobil berbasis syariah yang bisa Anda gunakan.

  1. Garda Oto Syariah

Asuransi Garda Oto Syariah, merupakan bagian dari PT. Asuransi Astra Buana, yang menawarkan jasa pengelolaan finansial degan prinsip kaidah keislaman. Asuransi mobil Garda Oto Syariah menerapkan skema no claim bonus atau bagi hasil, jika Anda sebagai nasabahnya tidak melakukan klaim.

Persentasenya sendiri bisa mencapai 50 persen, namun berdasarkan perhitungan keuntungan perusahaan. Adapun layanan yang diberikan Garda Oto Syariah, mulai dari bengkel, jaringan layanan, juga berbagai fasilitas Garda Oto konvensional.

  1. Astra Buana Syariah

Rekomendasi asuransi mobil syariah yang kedua adalah Astra Buana Syariah yang sudah berdiri sejak tahun 2015 lalu. Dengan mengedepankan prinsip syariah, asuransi ini menawarkan produk asuransi all risk dan TLO tentunya.

Untuk kendaraan yang akan diasuransikan di Astra Buana Syariah, bisa kendaraan pribadi, dinas ataupun komersial. Dengan perluasan jaminan polis, seperti bencana alam, pemogokan , kerusuhan, huru-hara, kecelakaan diri pengemudi atau penumpang, dan masih banyak lagi.

  1. Autocilin Ikhlas

Adira Insurance juga memiliki asuransi yang diberi label Asuransi Autocilin Ikhlas. Adapun opsi modifikasi iuran premi asuransi yang diberikan bisa ditentukan sesuai dengan kebutuhan nasabahnya, baik itu TLO (Total Loss Only) atau perlindungan comprehensive.

Bentuk perlindungan dari Autocilin Ikhlas mencakupi: ganti rugi untuk pihak ketiga, santunan kecelakaan untuk nasabah, ganti rugi biaya pengobatan, ganti rugi kerusakan mobil, yang disebabkan oleh bencana alam, pemogokan ataupun kerusuhan.

  1. Takaful Umum

Asuransi mobil syariah berikutnya adalah Takaful Umum, yang memberikan perlindungan khusus, baik untuk kendaraan non bus, nom truk, truk, pick-up, hingga kendaraan roda dua (sepeda motor) dengan penggunaan nonkomersial.

Dua jenis polis standar yang diberikan yaitu tipe comprehensive atau meng-cover partial loss dan total loss. Dimana klaim yang diajukan, disebabkan karena kecelakaan yang biaya perbaikannya sama dengan atau lebih tinggi dari 75 persen dari harga sebenarnya.

Takaful Umum sendiri merupakan bagian dari PT Syarikat Takaful lndonesia, yang seudah berdiri sejak tahun 1994 dan merupakan pionir perusahaan asuransi jiwa syariah, dan untuk layanan asuransi mobilnya sendiri, kini telah memiliki bengkel rekanan yang santa luas dan hampir ada di seluruh provinsi di Indonesia.

  1. Otomate Syariah

Rekomendasi yang kelima yaitu Otomate Syariah, yang dikeluarkan oleh Asuransi ACA. Dengan menggunakan asuransi mobil all risk Otomate Syariah, Anda tidak perlu khawatir lagi dengan kendaraan yang digunakan. Karena asuransi memberikan jaminan perlindungan atas kerugian dan kerusakan serta musibah kehilangan kendaraan bermotor Anda.

Adapun layanan yang diberikan oleh asuransi Otomate ini adalah, perbaikan darurat, mobil derek dan ambulans, hingga mobil pengganti, serta layanan 24 jam, terkait informasi polis, dan lainnya.

Itu dia lima rekomendasi perusahaan asuransi mobil syariah yang bisa Anda gunakan untuk melindungi kendaraan, bahkan diri Anda sendiri sebagai penggunanya. Berikutnya tinggal Anda tentukan sendiri, perusahaan asuransi mana yang paling tepat menurut Anda.