6 Jenis Lensa di Smartphone dan Kegunaannya

6 Jenis Lensa di Smartphone dan Kegunaannya

6 Jenis Lensa di Smartphone dan Kegunaannya – Ponsel hanya digunakan sebagai alat komunikasi pada awal penemuannya. Namun kini, selain perkembangannya, ponsel juga menjadi salah satu gadget foto yang paling powerful. Oleh karena itu, ada beberapa smartphone yang juga dilengkapi dengan lensa canggih.

Kecanggihan ini bukan lelucon. Bahkan, ada beberapa lensa kamera smartphone yang memiliki kualitas setara dengan kamera digital kelas menengah yang juga sedang naik daun.

Makanya, sekarang banyak orang yang pasti bisa menghasilkan banyak karya fotografi berkualitas tinggi. Dengan mempelajari ilmu dan komposisi fotografi, pengguna akan bisa mendapatkan hasil gambar yang bagus.

Zoom optik vs zoom digital

Tapi ada juga yang perlu diketahui. Biasanya kamera smartphone tidak bisa dibongkar pasang seperti kamera digital lainnya.

Oleh karena itu, kita perlu mengetahui beberapa fungsinya apakah fungsi-fungsi tersebut memenuhi kebutuhan kita atau tidak.

TRENDING :  Ini Dia Kualifikasi Jasa Service Kulkas Panggilan yang Harus Kamu Penuhi

Salah satu yang paling banyak diminta adalah fungsi zoom yang memungkinkan kita mengambil foto dari jarak yang sangat jauh.

Dari segi fungsi ini, smartphone dibagi menjadi dua jenis: optical zoom dan digital zoom.

Tidak banyak kamera yang memiliki optical zoom. Fungsi ini biasanya hanya tersedia di kamera digital di mana lensa dapat dengan bebas meningkatkan panjang fokus. Biasanya, smartphone jenis ini harganya mahal.

Berbeda dengan zoom digital. Fungsi ini banyak digunakan di smartphone. Saat kita memperbesar, smartphone memotong layar penuh ke bagian yang hanya ingin kita lihat. Kemudian gambar tersebut disesuaikan dengan gambar aslinya.

Jenis lensa kamera smartphone

Sebelum membeli smartphone, kita juga perlu mengetahui berbagai jenis lensa yang ada di pasaran.

TRENDING :  Jasa Pengiriman Barang Ke Luar Negeri Terbaik dan Murah

1. Lensa Wide Angle

Seperti namanya, lensa jenis ini memiliki area pencitraan yang besar. Dan lensa jenis ini dapat mengambil gambar dengan jarak yang dekat dengan mata manusia.

Jenis lensa ini banyak digunakan pada smartphone karena cocok untuk penggunaan kamera smartphone pada umumnya.

Digunakan untuk kamera depan untuk foto selfie atau untuk kamera belakang untuk foto jarak jauh.

Seperti dibahas di atas, semakin banyak area gambar yang diambil, semakin mudah untuk melakukan zoom digital.

Lensa jenis ini memiliki banyak kelebihan dan dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan. Baik untuk pemotretan dalam ruangan, lanskap, arsitektur, bahkan foto alam.

2. Lensa Ultra Wide Angle

Lensa sudut ultra lebar memiliki jangkauan yang lebih luas dibandingkan jenis lensa sebelumnya. Jenis lensa ini memungkinkan fotografer menangkap lebih banyak detail di luar fokus subjek foto; yang tentunya akan sulit menampung lensa standar dan wide angle.

TRENDING :  Laptop Harga 5 Jutaan Khusus sekolah online atau WFH

Namun, saat rentang perekaman meningkat, gambar yang direkam akan terasa terdistorsi di bagian samping. Fenomena ini dikenal sebagai efek mata ikan.

Namun, untuk memaksimalkan pengambilan gambar, fotografer atau pengguna smartphone dapat menggunakan lensa ini untuk foto panorama, pemandangan kota, kebutuhan real estat atau perumahan, dan bahkan gambar abstrak.

3. Lensa Telefoto

Smartphone memiliki fungsi memperbesar subjek yang akan difoto agar fokus. Hanya saja, jika terlalu banyak memperbesar, gambar biasanya kehilangan detail. Gambar tampak kurang tajam, berpiksel, atau persegi saat dicetak di atas kertas.

TRENDING :  Cara Memindai Dokumen Menggunakan HP

Terkadang kami ingin mengambil gambar dari kejauhan dan kami ingin mengambil gambar yang bagus. Oleh karena itu, lensa ini cocok untuk kebutuhan tersebut. Pengguna smartphone bisa memotret jauh sehingga objek terasa dekat.

4. Lensa Makro

Lensa makro biasanya digunakan oleh fotografer alam. Terutama untuk benda-benda kecil seperti serangga.

Dengan lensa jenis ini kita bisa mengambil gambar dari dekat bahkan zoom.

Gambar yang dihasilkan terlihat sangat tajam meski dalam kondisi sangat dekat. Dengan lensa ini kita dapat menangkap detail yang sangat besar dalam sebuah gambar dengan objek yang kecil.

5. Lensa standar

Lensa standar dapat digunakan untuk berbagai jenis fotografi. Panjang fokus lensa ini berada di kisaran tengah, biasanya antara 35 mm dan 85 mm.

Lensa ini biasanya cukup untuk mengambil gambar selebar dan selebar lensa sudut lebar, dan cukup andal saat melakukan zoom juga. Oleh karena itu, sangat mudah digunakan untuk pengguna fotografi smartphone.

TRENDING :  Kenali Lebih Dalam Apa Itu Intel Xeon?

6. Lensa khusus

Ada beberapa lensa khusus yang bisa digunakan sesuai kebutuhan. Lensa ini terlihat sangat unik untuk fotografi. Namun, beberapa dari mereka akan menghasilkan gambar yang tidak biasa. Alhasil, tak banyak smartphone yang menggunakan lensa foto berikut ini.

Beberapa lensa khusus yang juga bisa ditemukan di smartphone biasanya lensa fisheye, lensa tilt-shift (miniatur) atau bahkan lensa infra merah.

Check Also

Tips Download Video Reels dan IGTV di Instagram Tanpa Aplikasi

Tips Download Video Reels dan IGTV di Instagram Tanpa Aplikasi

SHORENZA.com – Tips Download Video Reels dan IGTV di Instagram Tanpa Aplikasi. Instagram tidak hanya …