7 Tips Cara Mengoptimalkan Crawl untuk SEO

7 Tips Cara Mengoptimalkan Crawl untuk SEO

Anggaran crawl adalah jumlah URL di situs web yang dirayapi oleh perayap mesin telusur dan diindeks selama periode waktu tertentu.

Google mengalokasikan anggaran crawl untuk setiap situs web. Dengan melihat anggaran crawl, bot google memutuskan frekuensi crawl jumlah halaman.

Mengapa Anggaran Crawl terbatas?

Anggaran crawl dibatasi untuk memastikan situs web tidak menerima terlalu banyak permintaan oleh perayap untuk mengakses sumber daya server yang dapat sangat memengaruhi pengalaman pengguna dan kinerja situs.

Cara Menentukan Anggaran Crawl

Untuk menentukan anggaran crawl untuk situs web, periksa bagian statistik crawl yang tersedia di akun Search Console.

Dalam laporan yang diilustrasikan di atas, kita dapat melihat jumlah rata-rata halaman yang dirayapi per hari. Di sini, anggaran crawl bulanan adalah 371*30= 11.130

Meskipun jumlah ini dapat berfluktuasi, ini memberikan perkiraan jumlah halaman yang dapat diharapkan untuk dirayapi dalam periode tertentu.

Jika Anda memerlukan detail lebih lanjut tentang bot mesin pencari, Anda dapat menganalisis file log server untuk mengetahui bagaimana situs web dirayapi dan diindeks.

Cara Mengoptimalkan Anggaran Crawl

Untuk mendapatkan visibilitas halaman web di hasil google, crawling sangat penting untuk indeksasi. Lihat tujuh daftar tindakan ini yang dapat membantu mengoptimalkan anggaran crawl untuk SEO

7 Tips Cara Mengoptimalkan Crawl untuk SEO

Izinkan crawl halaman penting di File Robot.txt

Untuk memastikan halaman dan konten yang relevan dapat dirayapi, halaman tersebut tidak boleh diblokir dari file robot.txt. Untuk memanfaatkan anggaran crawl, blokir Google agar tidak merayapi halaman masuk pengguna yang tidak perlu, file tertentu, atau bagian administratif situs web. Memanfaatkan file Robot.txt dengan melarang file dan folder tersebut diindeks. Ini adalah cara terbaik untuk membekukan anggaran crawl untuk situs web besar.

Hindari rantai pengalihan panjang

Jika ada lebih banyak pengalihan 301-302 yang ada di situs web, perayap mesin telusur berhenti merayapi di beberapa titik, tanpa mengindeks halaman penting. Karena banyak pengalihan, ada pemborosan anggaran crawl.

Idealnya, pengalihan harus sepenuhnya dihindari. Namun, tidak mungkin situs web besar tidak memiliki rantai pengalihan. Cara terbaik adalah memastikan tidak lebih dari satu pengalihan, hanya jika diperlukan.

Mengelola Parameter URL

7 Tips Cara Mengoptimalkan Crawl untuk SEO

Kombinasi tak berujung dari parameter URL membuat variasi URL duplikat dari konten yang sama. Oleh karena itu, crawl parameter URL yang berlebihan menghabiskan anggaran crawl, menyebabkan beban server dan mengurangi kemungkinan untuk mengindeks halaman yang relevan dengan SEO.

Untuk menghemat anggaran crawl, disarankan untuk memberi tahu Google dengan menambahkan variasi parameter URL ke akun Google Search Console di bagian alat dan laporan lawas > Parameter URL.

Tingkatkan Kecepatan Situs

Meningkatkan kecepatan situs meningkatkan kemungkinan mendapatkan lebih banyak halaman yang dirayapi oleh bot Google. Google telah menyatakan bahwa situs berkecepatan tinggi meningkatkan pengalaman pengguna, meningkatkan tingkat crawl.

7 Tips Cara Mengoptimalkan Crawl untuk SEO

Dengan kata sederhana, situs web yang lambat memakan anggaran crawl yang berharga. Tetapi jika upaya dilakukan untuk meningkatkan kecepatan situs dan menerapkan teknik SEO tingkat lanjut di situs web, halaman akan dimuat dengan cepat, maka bot google memiliki cukup waktu untuk merayapi dan mengunjungi lebih banyak halaman.

Untuk mengoptimalkan kecepatan halaman situs web E-niaga, sebagian besar layanan SEO E-niaga teratas telah berupaya membangun strategi SEO konkret untuk mengarahkan lebih banyak lalu lintas dan meningkatkan pengalaman pengguna untuk mengurangi rasio pentalan.

Memperbarui Peta Situs

Peta Situs XML harus berisi hanya halaman yang paling penting sehingga bot google mengunjungi dan merayapi halaman web lebih sering. Jadi, peta situs harus selalu diperbarui, tanpa pengalihan dan kesalahan.

Memperbaiki Kesalahan HTTP

Secara teknis, tautan rusak dan kesalahan server menghabiskan anggaran crawl. Jadi mohon luangkan waktu dan periksa situs web Anda yang mengandung kesalahan 404 dan 503 dan perbaiki sesegera mungkin.

Untuk melakukan ini, Anda dapat memeriksa laporan cakupan di konsol pencarian untuk mengetahui apakah Google telah mendeteksi kesalahan 404. Mengunduh seluruh daftar URL kemudian menganalisis 404 halaman dapat dialihkan ke halaman yang serupa atau setara. Jika ya, alihkan halaman 404 yang rusak ke halaman baru.

Dalam hal ini, disarankan untuk menggunakan katak berteriak dan peringkat SE. Keduanya adalah alat audit situs web yang efektif untuk mencakup poin daftar periksa SEO teknis .

Tautan Internal

7 Tips Cara Mengoptimalkan Crawl untuk SEO

Google Bots selalu memprioritaskan URL crawl yang memiliki lebih banyak tautan internal yang mengarah ke sana. Tautan internal memungkinkan bot Google menemukan berbagai jenis halaman yang ada di situs yang diperlukan untuk diindeks untuk mendapatkan visibilitas di SERP Google. Tautan Internal adalah salah satu Tren SEO penting 2020 . Ini membantu Google memahami arsitektur situs web untuk menjelajahi dan menavigasi situs dengan lancar.

Kesimpulan

Mengoptimalkan crawl dan pengindeksan situs web sama dengan mengoptimalkan situs web. Perusahaan yang menawarkan layanan SEO di India selalu menentukan pentingnya anggaran crawl saat melakukan layanan audit SEO .

Jika situs terpelihara dengan baik, atau situsnya relatif kecil, maka tidak perlu khawatir dengan anggaran crawl. Tetapi dalam beberapa kasus seperti situs web yang lebih besar, halaman yang baru ditambahkan dan banyak pengalihan dan kesalahan, perlu memperhatikan bagaimana memanfaatkan sebagian besar anggaran crawl secara efektif.

Untuk menganalisis laporan statistik crawl, memantau laju crawl secara tepat waktu dapat membantu dalam memeriksa apakah ada lonjakan tiba-tiba atau penurunan laju crawl.