Apa Itu Breadcrumbs & Bagaimana Cara Menggunakannya

Apa Itu Breadcrumbs & Bagaimana Cara Menggunakannya

Breadcrumbs adalah elemen sekunder dari navigasi situs web . Breadcrumb adalah jalur teks, terletak di bagian atas halaman, yang mencerminkan struktur situs situs web. Ini memberi tahu pengguna di mana mereka saat ini berada di situs dan membantu mesin pencari untuk memahami struktur situs web. Anda dapat menemukan breadcrumb di situs web yang memiliki konten yang diatur lebih hierarkis.

Berikut adalah contoh Menu Jejak Breadcrumb

Pada gambar ini, Anda dapat melihat bahwa jejak remah roti dimulai dari halaman beranda, dan kemudian menampilkan halaman kategori dan halaman yang ada (yaitu, halaman di mana pengguna saat ini) di akhir.

Dalam posting ini, kami telah mencantumkan berbagai jenis breadcrumb, manfaatnya, dan beberapa praktik terbaik yang perlu dipertimbangkan saat menerapkan remah roti di situs web.

Kapan menggunakan navigasi breadcrumb?

Anda dapat menerapkan navigasi breadcrumb ke situs besar dan situs di mana informasi disusun berdasarkan kategori, seperti situs web e-niaga. Hindari menggunakan breadcrumb di situs tingkat tunggal yang tidak berisi hierarki atau grup logis. Tapi bagaimana Anda bisa mengetahui apakah sebuah situs web bisa mendapatkan keuntungan dari navigasi breadcrumb? Metode yang efektif adalah membuat peta situs atau diagram yang mewakili struktur situs, dan kemudian menilai apakah breadcrumb akan meningkatkan pengalaman pengunjung saat menavigasi di dalam dan di antara kategori.

Breadcrumb umumnya terdiri dari tiga jenis:

Breadcrumb berbasis lokasi Location

Breadcrumb berbasis lokasi juga dikenal sebagai breadcrumb berbasis hierarki. Mereka menunjukkan kepada pengguna jalan untuk dengan mudah menavigasi ke halaman tingkat yang lebih tinggi dari situs web. breadcrumb berbasis lokasi populer digunakan di blog dan situs web yang memiliki struktur hierarkis. Jejak breadcrumb terlihat seperti ini:

TRENDING :  Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Beranda > Halaman Kategori > Halaman Sub Kategori > Halaman Produk

Apa Itu Breadcrumbs & Bagaimana Cara Menggunakannya

Breadcrumb berbasis atribut

Breadcrumb berbasis atribut dibentuk secara dinamis sesuai dengan jalur klik pengguna. breadcrumb atribut berlaku untuk halaman kategori layanan dan produk, tempat pengguna memilih opsi dari filter yang tersedia. Setelah atribut diselesaikan, mereka menjadi bagian dari jejak breadcrumb. Mereka biasanya menampilkan daftar atribut yang telah dipilih pengguna sebelumnya. Breadcrumb berbasis atribut biasanya ditemukan di situs web e-commerce.

Anda sering menemukan bahwa rute navigasi adalah kombinasi dari lokasi dan breadcrumb berbasis atribut. Breadcrumb berbasis atribut terlihat seperti ini:

Beranda > Halaman produk > Atribut 1 > Atribut 2 > Atribut 3

Apa Itu Breadcrumbs & Bagaimana Cara Menggunakannya

Breadcrumb berbasis jalur

breadcrumb berbasis jalur juga dikenal sebagai breadcrumb berbasis sejarah. Mereka memberi pengguna jalur yang diambil oleh mereka untuk tiba di halaman tertentu.

breadcrumb seperti itu tidak populer dan dapat diganti dengan tombol kembali yang direkomendasikan oleh pengembang situs web.

Bagaimana Mengoptimalkan Dampak SEO Breadcrumbs?

Breadcrumb Harus Ramah Seluler

Setelah ditambahkan, breadcrumb harus membuat navigasi di seluruh situs web semudah mungkin bagi pengguna. Untuk mencapai ini, Anda harus memastikan bahwa breadcrumb berada dalam format yang dapat digunakan di layar seluler. Jika ukuran font terlalu kecil, akan sulit untuk mengklik nama halaman individual. Jika breadcrumb dibungkus dengan garis, akan sulit untuk menemukannya. Beberapa desainer memilih untuk meletakkan breadcrumb sebagai tombol. Meskipun ini dapat menyederhanakan navigasi, Anda harus menguji A/B dampak desain semacam itu dari sudut pandang SEO .

TRENDING :  Panduan Blogger Untuk Para Pemula 2021

Breadcrumb Harus Terlihat

Breadcrumb harus terlihat baik pengguna dan mesin pencari. Beberapa desainer berpendapat bahwa breadcrumb tidak sesuai dengan tema. Namun, Anda harus memastikan mereka terintegrasi dengan baik ke dalam elemen di halaman. Saat situs web Anda berkembang dan Anda terus menambahkan lebih banyak kategori, sub-kategori, dan halaman tertentu – pengguna Anda akan membutuhkan alat navigasi.

Ini secara material akan berdampak pada hasil SEO juga. Pastikan mark-up skema breadcrumb diaktifkan untuk situs web Anda. Ini adalah mekanisme untuk menyorot bagian tertentu dari situs web Anda saat perayap menganalisisnya. Anda dapat menggunakan data terstruktur seperti yang direkomendasikan dalam dokumentasi Google untuk memastikan breadcrumb terlihat, selain menggunakan skema mark-up.

Manfaat Breadcrumb

Berikut adalah beberapa manfaat menerapkan jejak breadcrumb:

Pengalaman pengguna yang ditingkatkan

Breadcrumbs menawarkan cara langsung kepada pengguna untuk menavigasi ke tingkat halaman kategori yang lebih tinggi dengan cepat. Mereka terutama membantu pengguna yang datang melalui hasil halaman mesin pencari (SERP). Biasanya, pengguna ini tidak memiliki gambaran tentang struktur situs web .

Cuplikan pencarian Google yang menarik

Breadcrumbs memberi Google cara lain untuk mengidentifikasi struktur situs web. Google sekarang telah mengganti URL dengan jejak breadcrumb pada hasil pencarian untuk memberikan hasil pencarian yang lebih baik kepada pengguna. Jika Anda tidak menggunakan breadcrumb, Google akan memutuskan breadcrumb sendiri, berdasarkan URL. Untuk memastikan Google menampilkan breadcrumb Anda di cuplikan pencarian, tambahkan skema daftar breadcrumb di situs web. Anda dapat mengikuti langkah-langkah tentang cara menerapkan data terstruktur sesuai kebutuhan Anda.

Tingkatkan struktur tautan internal

Seiring dengan navigasi atas, breadcrumb membantu meningkatkan struktur tautan internal di seluruh situs web.

TRENDING :  Jenis-Jenis SEO Yang Harus Diketahui Pemula

Ukuran kecil dan berorientasi horizontal

Breadcrumb biasanya pendek, berorientasi horizontal, dan ditulis dalam teks biasa sehingga tidak memakan banyak tempat. Selain itu, breadcrumb tidak menimbulkan dampak negatif apa pun dalam hal kelebihan konten.

Mengurangi klik / tindakan untuk kembali ke halaman tingkat atas
Pengguna dapat menghindari mengklik tombol Kembali, karena mereka dapat mencapai halaman tingkat yang lebih tinggi dengan satu klik menggunakan tautan breadcrumb.

Menurunkan Rasio Pentalan

Navigasi yang membingungkan membuat frustrasi pengunjung yang akan segera meninggalkan situs web jika tidak menemukan apa yang mereka cari. Dengan navigasi breadcrumb di tempat, Anda dapat secara efektif mengurangi rasio pentalan Anda karena membantu pengunjung memiliki pengalaman pengguna yang lebih baik dalam menavigasi situs web. Ini memberikan kesempatan kedua bagi situs web untuk mempertahankan pengunjungnya.

Meningkatkan Peringkat Situs Web

Navigasi memainkan peran penting dalam hal pengalaman pengguna secara keseluruhan . Dengan navigasi SEO breadcrumb , Anda dapat memberi pengunjung situs pengalaman pengguna yang lancar dengan membantu mereka mengetahui cara mencapai halaman peringkat tinggi. Bantu mereka menjelajahi situs web dengan jumlah klik paling sedikit dan lihat peringkat situs Anda melambung tinggi.

Membuat Pengguna Tetap Di Situs Lebih Lama

Navigasi breadcrumb dapat menciptakan pengalaman hebat bagi pengguna yang dapat menelusuri situs web menggunakan jumlah klik paling sedikit. Menemukan halaman peringkat tinggi dan mencapai halaman yang diinginkan dengan mudah membuat pengunjung tetap terlibat, berinvestasi, dan antusias.

Bagaimana cara menambahkan breadcrumb?

Inilah cara Anda dapat menambahkan breadcrumb ke navigasi situs web Anda:

  1. Plugin Yoast SEO dan WordPress : Beberapa tema WordPress mendukung navigasi Yoast SEO Breadcrumbs yang sudah diinstal sebelumnya . Untuk tema seperti itu, Anda hanya perlu mengaktifkan breadcrumb di dasbor Anda dan selesai.
  2. Menggunakan Editor Blok dengan Yoast SEO dan WordPress : Anda dapat menambahkan breadcrumb ke halaman tertentu tanpa pengkodean. Klik ‘+’ dan pergi ke Tambahkan Blokir. Cari ‘Yoast SEO breadcrumbs ‘ dan aktifkan.
  3. Menggunakan Data Terstruktur Google : Baca dokumentasi ini untuk mengetahui cara menggunakan data terstruktur untuk menambahkan breadcrumb untuk mesin telusur.
TRENDING :  Cara Menulis Postingan Blog Dengan Sempurna

Kesalahan Umum Dalam Implementasi Breadcrumb

Menggunakannya saat Tidak Diperlukan

Breadcrumb tidak diperlukan di situs web yang tidak memiliki banyak halaman atau hierarki yang kompleks. Menggunakannya di situs sederhana mungkin kontraproduktif dan mungkin membuat pengunjung kewalahan dengan menawarkan terlalu banyak opsi navigasi.

Menggunakan Breadcrumbs Sebagai Navigasi Utama

Sebagaimana dinyatakan dalam bagian di atas, navigasi breadcrumb adalah bantuan navigasi sekunder dan tidak boleh digunakan sebagai metode utama. Ini akan membuat pengguna frustrasi karena mereka harus menekan tombol “Kembali” untuk kembali ke halaman utama.

Menggunakannya Saat Halaman Memiliki Banyak Kategori

breadcrumb memiliki struktur linier. Jadi, jika halaman tingkat yang lebih rendah ada di lebih dari satu tab induk, jejak breadcrumb menjadi berlebihan, tidak akurat, dan membuat pengunjung frustrasi.

Saat menerapkan breadcrumb, pertimbangkan praktik ini

  • Gunakan breadcrumb untuk situs web yang memiliki beberapa tingkat hierarki. Ini membantu pengguna untuk menavigasi ke halaman tingkat yang lebih tinggi dengan cepat.
  • Gunakan kata kunci yang sesuai dengan URL yang ditargetkan. Dari sudut pandang pengoptimalan mesin pencari (SEO), menggunakan jangkar breadcrumb yang relevan meningkatkan relevansi halaman.
  • Hindari menautkan halaman yang ada di jejak breadcrumb; cukup sebutkan teks breadcrumb.
  • Tempatkan breadcrumb di sudut kiri atas, di atas bagian konten yang memberikan visibilitas langsung kepada pengguna.
  • Pisahkan tautan breadcrumb menggunakan panah, garis miring, dan bilah vertikal. Untuk membuatnya tetap sederhana, menggunakan panah adalah pilihan terbaik.
  • Perlakukan breadcrumb sebagai navigasi sekunder; mereka tidak akan pernah bisa menggantikan navigasi utama.
TRENDING :  10 Tips untuk Optimasi Gambar Anda untuk SEO

Kesimpulan

Breadcrumb berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna. breadcrumb paling berguna ketika sebuah situs memiliki struktur yang kompleks. Mereka dapat membantu pengguna menavigasi ke halaman tingkat yang lebih tinggi dengan mudah. Breadcrumbs membantu mesin pencari memahami struktur internal situs web Anda dan ini dapat berdampak positif pada SEO. Untuk membuat situs web Anda SEO friendly, temukan agensi SEO teratas di India yang berusaha menawarkan layanan SEO kelas atas untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Check Also

Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Backlink adalah tautan di situs web apa pun yang mengarah kembali ke situs web Anda. …