Anda Harus Tahu Beberapa Ciri-Ciri Investasi Bodong Di bawah Ini Agar Tidak Tertipu!

investasi bodong
investasi bodong

Anda Harus Tahu Beberapa Ciri-Ciri Investasi Bodong Di bawah Ini Agar Tidak Tertipu! – Tentunya Anda tentu sudah sangat familiar dengan istilah investasi. Sebab di Indonesia ada banyak sekali jenis investasi yang ditawarkan dan sudah banyak orang yang tertarik untuk berinvestasi agar mendapatkan keuntungan.

Baca juga artikel lain di : https://www.shorenza.com/

Tujuan utama berinvestasi pasti untuk mencari keuntungan. Sehingga terkadang menyebabkan seseorang tidak berhati-hati dan memikirkan kembali saat ingin berinvestasi untuk mendapatkan keuntungan besar.

Dengan cara mendapatkan keuntungan yang mudah ini dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Salah satunya dengan menawarkan sebuah investasi yang tidak sah atau investasi bodong.

Investasi ini memang banyak sekali ditawarkan oleh pihak-pihak tertentu dengan memberikan banyak iming-iming seperti nilai keuntungan yang besar atau bahkan tak perlu menunggu lama untuk mendapatkan uang yang banyak.

TRENDING :  4 Rekomendasi Asuransi Mobil Terbaik 2021

Namun meski demikian, Anda harus tetap berhati-hati karena investasi tidak benar semacam ini sudah sering terjadi. Agar Anda tidak menjadi salah satu korban dari investasi ini, maka Anda harus mengetahui beberapa ciri-ciri dari investasi yang bodong ini. Adapun ciri-ciri yang dimaksud adalah sebagai berikut.

  1. Keuntungan Yang Ditawarkan Tidak Wajar

Tujuan utama berinvestasi memang ingin mendapatkan keuntungan. Tetapi secara umum, keuntungan yang diperoleh dari investasi adalah sekitar 15% hingga 20%. Jika Anda menemukan sebuah kegiatan investasi yang menawarkan keuntungan yang tidak wajar atau melebihi 20%, maka Anda wajib waspada karena bisa saja investasi yang ditawarkan tersebut merupakan investasi yang tidak benar atau bodong.

TRENDING :  Simak Bisnis Investasi Online Tanpa Modal

Karena dengan menawarkan keuntungan yang tidak wajar ini merupakan salah satu cara yang biasa digunakan oleh para pelaku investasi bodong agar menipu para korbannya.

  1. Memberikan Penawaran Berupa Keuntungan Dalam Waktu Singkat

Mendapat keuntungan besar dalam waktu singkat memang pasti diinginkan oleh semua orang. Tetapi Anda harus berhati-hati apabila ada seseorang yang menawarkan investasi dengan iming-iming keuntungan yang akan didapatkan dalam waktu yang singkat tersebut. Karena mendapatkan keuntungan dalam waktu yang singkat merupakan ciri-ciri dari investasi yang tidak benar atau yang biasa juga disebut dengan investasi bodong.

  1. Keuntungan Macet Tanpa Sebab

Jika Anda mendapati kenyataan bahwa keuntungan dari investasi Anda sedang macet tanpa sebab, maka Anda harus berhati-hati. Pasalnya ini merupakan salah satu ciri dari investasi yang tidak benar atau investasi yang bodong. Ada bisa langsung melaporkan kejadian ini kepada pihak yang berwajib agar ditindak lanjuti, karena takut uang Anda sudah dibawa kabur oleh pelaku.

  1. Pengelolaan Dana Yang Dilakukan Tidak Transparan
TRENDING :  Berikut Cara Bisnis Online Tanpa Modal Uang Menarik untuk Dicoba

Jika Anda sudah terlanjur berinvestasi tetapi pengelolaan dana tidak transparan, maka Anda wajib curiga. Hal ini dikarenakan, investasi yang sehat akan dikelola langsung oleh manajer investasi yang sangat terpercaya. Hal ini berbanding balik dengan apa yang dilakukan oleh investasi bodong yang tidak jelas cara pengelolaan dananya.

  1. Investor Dipaksa Mencari Nasabah Baru

Salah satu ciri-ciri yang menandakan bahwa investasi tersebut adalah investasi yang tidak jelas atau tidak sah adalah apabila seorang investor tersebut diminta untuk mencari nasabah baru. Sedangkan pada umumnya, sebuah perusahaan tidak perlu menyuruh investor untuk mencari nasabah baru. Sebab hal tersebut merupakan tugas dari perusahaan itu sendiri.

  1. Adanya Masalah Pada Perizinan
TRENDING :  Trik Agar Pelanggan Bisnis Kopi Membeli Produkmu

Perlu Anda ketahui bahwa pada investasi yang legal atau sah pastinya akan memiliki surat perizinan yang  hanya akan berasal atau didapatkan dari OJK atau Otoritas Jasa Keuangan. Berbeda halnya pada kegiatan investasi bodong yang tidak memiliki surat atau izin secara resmi dari OJK.

Maka dari itu, sebelum Anda mempercayakan uang Anda untuk diinvestasikan di perusahaan tersebut, maka Anda harus mengecek terlebih dahulu apakah investasi tersebut sudah mendapatkan izin dari OJK atau belum.

TRENDING :  3 Jenis Bisnis Investasi Tanpa Modal Paling Populer

Jika Anda menemukan perizinan yang bermasalah atau surat tersebut tidak seperti surat perizinan dari OJK pada umumnya, maka Anda bisa langsung pergi dan tidak perlu mengikuti investasi semacam itu serta lebih baik Anda menyimpan sendiri uang Anda agar lebih aman.

Demikianlah beberapa ciri-ciri dari investasi bodong yang mudah untuk diketahui. Sebenarnya masih banyak sekali ciri-ciri yang bisa Anda temukan pada investasi yang tidak sah ini. Namun, yang jelas beberapa ciri di atas sudah mampu menunjukkan bahwa investasi tersebut legal atau tidak. Jqngan lupa untuk terus berhati-hati dalam memilih perusahaan untuk berinvestasi agar tidak tertipu.

 

Check Also

BTPN Jenius Sangat Mudah dalam Bertransaksi

BTPN Jenius Sangat Mudah dalam Bertransaksi

SHORENZA.com – BTPN jenius sangat mudah dalam bertransaksi. Ingin buka rekening tabungan tanpa ribet? Kini …