Ketahui Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card yang Benar

Ketahui Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card yang Benar – Saat ini ponsel memang menjadi peralatan yang paling sering digunakan, karena inilah penyimpanan kadang penuh karena banyaknya data yang tersimpan. Biasanya data tersebut tersimpan di dalam memori internal.

Sayangnya ini akan membuat ponsel menjadi lamban, apalagi jika jumlah data yang tersimpan cukup besar, maka memori bisa penuh. Masalah yang lebih besar akan kamu alami jika memori internalmu penuh, diantaranya tidak bisa menyimpan data baru, tidak bisa melakukan aktifitas fotografi dan lain sebagainya.

Untuk menghadapi masalah tersebut, terdapat cara memindahkan aplikasi ke SD card bisa menjadi solusi yang tepat. Pasalnya, aplikasi kadang memiliki ukuran yang besar, berikut dengan data yang tersimpan di dalamnya, sehingga memori internal gampang penuh. Berikut adalah cara memindahkan aplikasi dengan benar ke SD card eksternal.

Kenapa Perlu Dipindah ke SD Card?

Ada alasan kenapa pemindahan dilakukan ke SD Card, seperti yang diketahui aplikasi memiliki banyak data, jika terhapus maka riwayat pencarian dan akun yang dimiliki akan hilang dan harus melakukan login ulang. Dengan memindah ke SD card, maka kamu tetap bisa mengurangi pemakaian memori internal tanpa menghapus aplikasi.

Baca Juga:  Cara Beli Pulsa Melalui Saldo Dana 2021

Ada beberapa cara memindahkan aplikasi ke SD card, mulai dari menjadikan SD Card sebagai penyimpanan utama, hingga memindahkan secara manual ke SD card, berikut adalah beberapa cara dan tahapan yang bisa kamu pilih.

Cara Memindahkan Aplikasi ke SD Card

1.      Menjadikan SD Card sebagai Penyimpanan Utama

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan adalah menjadikan SD card sebagai penyimpanan utama untuk semua aplikasi yang kamu miliki, berikut adalah langkahnya:

  • Pastikan kamu sudah memasukkan SD Card ke dalam ponsel dan membuatnya terbaca.
  • Cara memindahkan aplikasi ke SD card selanjutnya adalah masuk ke menu pengaturan, kemudian pilih menu bagian penyimpanan dan pengaturan penyimpanan.
  • Akan tersedia dua pilihan, pilih format SD card, kemudian pilih SD card sebagai media penyimpanan internal.
  • Tunggu hingga proses pemindahan dan perubahan aturan selesai dilakukan, ketika proses ini terjadi pastkan SD card tetap terpasang.
  • Setelah cara memindahkan aplikasi ke SD card selesai, kamu bisa melakukan pemindahan manual ke aplikasi ke penyimpanan eskternal.
Baca Juga:  3 Rekomendasi Aplikasi Investasi tanpa Modal

Pastikan pemindahan benar-benar sudah selesai sebelum kamu membuka aplikasi. Jika kamu memaksa membuka aplikasi padahal proses pemindahan belum selesai, maka kemungkinan aplikasi akan eror.

2.      Melakukan Pemindahan secara Manual

Jika sebelumnya adalah cara memindahkan aplikasi ke SD card dengan menjadikan penyimpanan eksternal sebagai penyimpanan utama, maka cara selanjutnya adalah melakukan pemindahan manual, berikut adalah rincian caranya:

  • Buka menu file manager yang terdapat di dalam ponsel, kemudian lanjutkan dengan memilih aplikasi yang hendak dipindah.
  • Tandai aplikasi tersebut, kemudian pilih menu pindahkan di logo pengaturan yang tersedia.
  • Pilih SD card sebagai penyimpanan aplikasi tersebut, kemudian tunggu sampai proses pemindahan selesai.

Cara memindahkan aplikasi ke SD card memang membutuhkan waktu yang panjang jika menggunakan cara ini. Apalagi jika ukurannya memang besar, maka kamu perlu menunggu sampai selesai sebelum membuka aplikasi.

3.     Mengatur Penyimpanan Aplikasi

Kamu juga bisa mengatur penyimpanan data dari aplikasi yang kamu gunakan, sehingga tidak menghabiskan memori internal ponsel. Untuk melakukannya, kamu bisa menggunakan cara berikut ini:

  • Buka ponsel yang kamu miliki, kemudian pilih menu pengaturan.
  • Lanjutkan ke menu aplikasi yang tersedia, pilih aplikasi yang ingin kamu pindahkan tempat penyimpanannya.
  • Cara memindahkan aplikasi ke SD card selanjutnya adalah memindahkan penyimpanan aplikasi tersebut ke penyimpanan eksternal.
  • Tunggu sampai proses selesai, jika pemindahan selesai kamu bisa langsung membuka aplikasi tersebut.
Baca Juga:  10 Aplikasi Menyatukan Video Terbaik Untuk Android dan iOS

Ketika memilih aplikasi yang dipindah ke penyimpanan eksternal, sebaiknya memilih aplikasi unduhan, dalam artian bukan aplikasi bawaan ponsel. Cukup rawan untuk memindahkan aplikasi bawaan ponsel karena mungkin bisa membuat ponsel menjadi eror.

Demikianlah berbagai cara memindahkan aplikasi ke SD card, kamu bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Pastikan bahwa penyimpanan eksternal yang kamu miliki berukuran lebih besar dari penyimpanan internal jika memang hendak memindahkan aplikasi dalam jumlah besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.