Cara Mengatasi Masalah Konten Campuran di Situs Web

Cara Mengatasi Masalah Konten Campuran di Situs Web

Apakah situs web Anda tiba-tiba mengumumkan peringatan “Tidak aman” di Google Chrome meskipun sertifikat SSL Anda valid? Ini bisa jadi karena Konten Campuran di situs web Anda. Tapi pertanyaannya adalah, apa itu konten campuran? Dan bagaimana pengaruhnya terhadap situs web Anda? Mari kita cari tahu .

Apa itu Konten Campuran?

Konten campuran dideteksi oleh Google jika halaman web Anda memiliki campuran sumber daya yang aman dan tidak aman. Peringatan kesalahan ini dapat muncul meskipun situs web Anda memiliki sertifikat keamanan yang valid (HTTPS), namun, beberapa sumber daya yang digunakan di situs web Anda seperti gambar, video, media, atau skrip disajikan melalui sumber daya tidak aman (HTTP).

Google tidak melihat untuk memiliki tautan HTTP (tidak aman) di backend/kode sumber situs web Anda.

Catatan : (Kami telah mengamati bahwa beberapa profesional SEO bingung dengan Konten sebagai ” Konten Duplikat ” karena mengandung kata “konten”. Namun, Konten campuran adalah peringatan yang sama sekali dan tidak ada hubungannya dengan konten Duplikat.)

Untuk mengatasi masalah duplikat konten, Anda dapat terhubung ke layanan Pemasaran Konten atau agen SEO mana pun yang menyediakan Layanan Pemulihan Penalti Google .

Bagaimana Konten Lengkap memengaruhi situs web Anda?

Ada yang muncul ketika Google mengumumkan bahwa mereka akan menangani konten campuran dengan lebih serius pada tahun 2020. Ia juga menyatakan bahwa Chrome akan menerapkan pemblokiran pada semua sumber daya tidak aman (HTTP) yang bahkan dapat merusak situs web.

Apa arti yang di bawah ini?

Artinya jika Anda memiliki kesalahan Isi Campuran di halaman web Anda, Google Chrome akan menampilkan pesan di bawah ini kepada siapa saja yang mencoba mengakses situs web Anda:

Cara Mengatasi Masalah Konten Campuran di Situs Web

Cara Mengatasi Masalah Konten Campuran di Situs Web

Pesan-pesan ini akan ditampilkan ketika pengguna mencoba mengakses situs web Anda meskipun Anda memiliki sertifikat SSL yang valid. Cukup menakutkan, bukan?

Jadi pertanyaan selanjutnya adalah, bagaimana Anda menemukan Konten campuran ini di situs web Anda dan bagaimana Anda mengatasinya?

Mari kita lihat bagaimana kami memecahkan masalah konten campuran untuk salah satu klien kami- Sepatu Mochi.

Analisis Konten Yang Campuran

Kami memperhatikan bahwa ketika kami membuka situs web Sepatu Mochi, itu menunjukkan peringatan “Tidak Aman” di Chrome:

Cara Mengatasi Masalah Konten Campuran di Situs Web

Hal pertama yang kami lakukan adalah kami segera memeriksa sertifikat SSL situs web.

Inilah cara Anda dapat memeriksa sertifikat SSL situs web Anda:

  • Buka situs web Anda.
  • Klik ikon keamanan “kunci” di sebelah nama situs web Anda. (ikon (“i” untuk situs web HTTP)

Cara Mengatasi Masalah Konten Campuran di Situs Web

  • Sekarang klik “Sertifikat”. Anda akan mendapatkan semua informasi yang terkait dengan sertifikat SSL Anda.

Sangat mengejutkan kami, sertifikat SSL Sepatu Mochi itu valid. Ini awalnya menimbulkan rasa kebingungan, tetapi kemudian kami memutuskan untuk memeriksa situs web untuk Isi Campuran.

Bagaimana cara menemukan Konten campuran di situs web Anda?

Sebagai bagian dari analisis awal kami, kami mengikuti langkah-langkah berikut untuk memeriksa konten campuran pada Sepatu Mochi:

  • Buka situs web Anda.
  • Tekan Ctrl+shift+i pada keyboard Anda.
  • Sekarang klik pada tab “keamanan”.

Cara Mengatasi Masalah Konten Campuran di Situs Web

  • Segarkan halaman Anda sehingga tab “keamanan” dapat mencatat perubahan.
  • Seperti yang diilustrasikan pada gambar, kami segera diberi tahu tentang sumber “konten campuran” di halaman.
  • Klik “Lihat permintaan di Panel Jaringan”
  • Konsol akan menampilkan semua tautan/sumber daya tidak aman (HTTP) di situs web Anda.
  • Anda juga dapat memeriksa kode sumber situs web Anda (Ctrl+u) dan memeriksa URL “http://”.

Selain itu, ada juga alat pemeriksa SSL online tertentu yang dapat membantu Anda mengidentifikasi konten campuran di situs web Anda. Jitbit SSL Check adalah salah satu alat yang dapat Anda gunakan untuk menemukan sumber daya yang tidak aman.

Catatan : (Alat ini tidak selalu 100% akurat/dapat diandalkan. Alat ini dapat digunakan untuk analisis awal)

Bagaimana cara mengatasi Masalah Konten Campuran di situs web Anda?

Untuk Sepatu Mochi, kami mengidentifikasi bahwa gambar yang diminta dari CDN kami memiliki URL HTTP (tidak aman). Berikut URL tepatnya – “ http://cdn.metrobrands.com/mochi/media/images/content/Thumbnail/Mojaris.png “.

Seperti yang Anda lihat, itu adalah sumber daya HTTP yang tidak aman, itulah sebabnya Google menemukannya sebagai Konten Campuran di situs web kami.

Kami segera memberi tahu Klien tentang masalah ini. Dan meminta mereka untuk mengubah alamat gambar di CDN ke HTTPS.

Jika Anda adalah Agen SEO dan bekerja sama dengan pengembang situs web klien Anda, Anda dapat memberi tahu mereka tentang hal ini.

Berikut beberapa langkah yang bisa Anda ikuti:

  • Jalankan situs web Anda melalui laba-laba, seperti Screaming Frog.
  • Identifikasi semua URL di situs web Anda. Pastikan semuanya HTTPS.
  • Jika Anda menemukan URL HTTP yang tidak aman, segera temukan sumbernya.
  • Atau, Anda juga dapat menggunakan alat online untuk memeriksa sumber daya yang tidak aman (tidak dapat diandalkan dibandingkan dengan Pemeriksaan/Spider Manual)
  • Pastikan semua sumber daya HTTP di situs web Anda, termasuk gambar, skrip, video, semuanya dikonversi ke URL HTTPS yang aman.

Mengapa penting untuk memperbaiki masalah Isi Campuran di situs web Anda?

Google telah mengamuk penuh pada Konten karena mereka sekarang lebih fokus pada keamanan bagi penggunanya. Konten menghadirkan risiko keamanan bagi pengunjung dan situs web. Diuraikan di bawah ini beberapa faktor yang membuktikan tidak berbahayanya konten campuran:

Konten Berisi Lengkapnya keamanan situs web Anda

Google percaya bahwa konten campuran dari URL HTTPS aman Anda.

Itu masuk akal. Jika Anda membayar untuk koneksi aman SSL, mengapa Anda ingin sumber daya yang tidak aman menghambat keamanan Anda? Lebih baik menggunakan koneksi HTTPS aman untuk semua sumber daya di situs web.

Konten lengkap membuat pelanggan kehilangan kepercayaan pada Anda

TRENDING :  10 Cara Mudah Meningkatkan Trafik Blog Dengan Cepat

Sumber daya yang tidak aman rentan terhadap penyerang yang dapat mencuri data Anda. Namun yang juga terlihat, adalah warisan kesan buruk di benak pengguna Anda.

bayangkan saja, Anda mengunjungi situs belanja, Anda menambahkan item ke keranjang, dan sekarang Anda memasukkan detail kartu Anda. Tiba-tiba Anda melihat peringatan “Tidak aman” di halaman Pembayaran. Ini benar-benar akan mengecewakan bagi pengguna mana pun. Mereka tidak ingin detail Kartu mereka rentan terhadap peretas dan kemungkinan besar mereka akan transaksi transaksi.

Konten campuran buruk untuk SEO

Google telah dengan jelas menyatakan bahwa Keamanan adalah salah satu prioritas utama mereka. Dan koneksi HTTPS yang aman dan konten yang aman merupakan faktor peringkat yang penting .

Jadi, jangan mengharapkan peringkat yang lebih baik jika Anda tidak memutuskan untuk membeli sertifikat SSL HTTPS yang aman. Atau tidak akan menghilangkan konten campuran di website Anda.

Google jelas tidak suka ketika pengalaman pengguna dikompromikan. Jadi jika Anda benar-benar ingin memastikan permainan SEO Anda kuat, periksa dan hilangkan konten campuran yang dikumpulkan.

Kesimpulan

Dengan mengumumkan Chrome 79, Google telah mengambil tindakan tegas untuk menangani koneksi yang tidak aman. Peringatan “Tidak Aman” yang muncul meskipun hanya beberapa sumber daya di situs web Anda yang tidak aman (HTTP) menunjukkan sedikit ketatnya Google terhadap Konten.

Meskipun Google telah mengatakan akan secara otomatis mengonversi sumber daya HTTP ke HTTPS jika sumber daya HTTPS berikutnya ada di situs web. Apakah kita benar-benar perlu menunggu Google melakukannya untuk kita?

Kita harus proaktif untuk mengatasi masalah Konten terlebih dahulu. Butuh beberapa upaya untuk menemukan Konten Campuran, tetapi itu sangat berharga. Semua upaya pengoptimalan SEO Anda akan gagal jika pesaing Anda memiliki koneksi yang lebih aman dan tidak ada konten campuran. Jadi kami di Infidigit akan menyarankan Anda untuk mengubah semua URL HTTP yang tidak aman URL HTTPS yang aman sekarang!

Beri tahu kami di bagian komentar jika Anda menemukan masalah berisi campuran dan bagaimana Anda mengatasinya.

DAFTAR ISI

Check Also

Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Backlink adalah tautan di situs web apa pun yang mengarah kembali ke situs web Anda. …