Cara Menulis Postingan Blog Dengan Sempurna

Cara Menulis Postingan Blog Dengan Sempurna – Mengawali bangun blog sendiri ialah mimpi sebagai realita untuk beberapa orang. Ini memberinya peluang untuk Anda untuk membikin nama untuk diri kita lewat cara online, berjumpa orang baru, dan merajut jalinan sepanjang umur dengan audience Anda. Ini memberikan Anda peluang untuk meluaskan wacana, belajar, dan share pengalaman hidup Anda.

Tetapi, ialah satu perihal untuk membikin situs Anda di mana Anda mengharap untuk kerap mempublikasikan dan tersambung dengan pembaca yang berpikir sama, dan cukup lain untuk betul-betul duduk dan menulis posting blog.

Lebih dari tujuh juta posting blog diedarkan tiap hari , jadi bagaimana Anda dapat menunjukkan posting Anda? Bagaimana Anda dapat tarik masyarakat luas dan tingkatkan jumlah pembaca Anda?

Jawabnya sekalian simpel dan cukup sulit. Yang Anda perlukan hanya content berkualitas.

Pengertian content berkualitas bisa bervariatif dari posting blog, bergantung pada ceruk dan sasaran pasar detil Anda. Tetapi, ada banyak property universal yang dipunyai oleh semua posting blog yang baik:

  • Mereka menarik untuk pembaca sasaran mereka.
  • Mereka tawarkan wacana dan info yang unik.
  • Mereka mengikutkan banyak content visual.
  • Mereka mempunyai judul yang bagus yang mengundang perhatian.
  • Mereka mempunyai wujud dan susunan yang akurat.
  • Mereka dimaksimalkan untuk mesin perayap.

Bila Anda baru memasuki dunia blog, daftar ini kemungkinan terlihat mengagumkan pada penglihatan pertama. Tetapi tidak boleh cemas, itu kenapa tutorial ini ada. Kami akan mengulas segala hal mengenai langkah cara menulis postingan blog, diawali dengan membuat judul dan disudahi dengan tingkatkan visibility posting blog Anda di mesin perayap.

Maka silahkan kita awali dan dapatkan langkah menulis posting blog yang memikat perhatian dan menggerakkan click.

Mendefinisikan posting blog

Saat sebelum Anda bisa pahami langkah menulis blog, Anda perlu pahami apakah itu posting blog. Ini bukanlah cuman cuplikan media massa, dan itu bukan buku harian Anda. Ini ialah website di mana pribadi dan perusahaan bisa share content pengajaran dan selingan yang membuat pembaca mereka masih tetap turut serta.

Anda bisa menulis content blog untuk membagi opini Anda mengenai topik tertentu, memberinya wacana yang memikat, dan menyuguhkan sudut pandang baru dan pengetahuan bernilai ke audience Anda. Apa Anda sedang menulis mengenai resep favorite Anda, jalan keluar tehnologi terbaik tahun ini, atau apa saja salah satunya, posting blog Anda harus direncanakan untuk memberinya edutainment (pengajaran + selingan).

Anda perlu tawarkan content unik yang memikat pembaca dan membuat mereka minta semakin banyak. Dan Anda harus terus sediakan content ini.

8 Cara Mudah untuk Menulis Posting Blog

Menulis blog yang memikat audience, tingkatkan keterkaitan, dan hasilkan keuntungan menjadi rintangan bila Anda dekatinya langsung.

Maka kami sudah membagikan jadi langkah-langkah yang mudah diolah.

Dekati proses ini beberapa langkah untuk beberapa langkah akan menolong Anda dengan mudah dan cepat kuasai ketrampilan menulis posting blog yang mematikan . Maka, silahkan kita saksikan.

1. Lakukan riset Target

Cara Menulis Postingan Blog Dengan Sempurna

Sama seperti yang disebut, posting blog Anda tidak bisa sukses terkecuali Anda selalu ingat audience Anda. Bila Anda terus menulis blog ke semua semesta alam atau bersandiwara seolah tengah menulis di buku harian, pembaca Anda akan mengetahuinya. Dan mereka akan berasa ditinggal.

Maka untuk betul-betul mengundang perhatian pembaca, Anda harus menanganinya langsung. Salah satu langkah untuk melakukan dengan ketahui siapakah pembaca Anda.

Kerjakan penelitian dan cari info siapa audience sasaran Anda. Dalami mengenai hoby, ketertarikan, opsi topik, penilaian, dan yang lain. Makin banyak Anda belajar mengenai pembaca sasaran Anda, makin gampang untuk Anda untuk menulis posting blog yang memancing ketertarikan mereka.

Bila Anda baru mengawali dan belum mempunyai audience yang sebetulnya, check kompetitor niche Anda dan saksikan pembaca apakah yang mereka ambil.

2. Targetkan posting blog

Cara Menulis Postingan Blog Dengan Sempurna

Sesudah Anda ketahui mengenai tipe audience yang ingin Anda ambil, waktunya untuk berencana blog Anda. Tak perlu terlampau detil dahulu. Beberapa brainstorming dan pendataan ialah semuanya yang perlu Anda kerjakan di saat ini.

Tentukan topik web

Kemungkinan salah satunya cara paling sulit saat menulis posting blog yang mematikan ialah mendapati topik yang tepat. Di mana Anda mulai?

Bagaimana Anda dapat mengetahui apa audience Anda akan menyenanginya? (Jawaban singkat – Anda tidak akan mengetahui sampai Anda menerbitkannya.) Langkah paling mudah untuk menulis posting blog berkualitas tinggi dengan pilih topik yang Anda gemari. Tulis beberapa gagasan dan topik umum yang memancing ketertarikan Anda.

Bila Anda tidak bernafsu mengenai tulisan Anda, kenapa seseorang wajib melakukannya? Pembaca Anda cukup pintar, dan mereka luar biasa saat membaca yang tersurat. Bila mereka tidak rasakan keceriaan Anda yang sebetulnya mengenai topik tertentu, mereka sendiri tidak semangat.

Introspeksi diperlukan untuk langkah ini.

Jangan lupa kata kunci!

Sesudah Anda mempersempit topik Anda, itu selalu sebagai gagasan yang bagus untuk lakukan penelitian keyword. Ini akan penting dalam tingkatkan usaha marketing organik Anda dan menolong Anda memperoleh rangking semakin tinggi di halaman hasil mesin perayap.

Anda bisa lakukan penelitian keyword dengan kuno dan memulai menerka kata mana yang bakal dipakai audience Anda untuk cari topik Anda. Bila Anda berpikiran untuk menulis posting blog mengenai “latihan yang bisa dilaksanakan di dalam rumah”, beberapa keyword yang biasa kemungkinan ialah “latihan kardio di dalam rumah”, “kegiatan rutin olahraga terbaik di dalam rumah”, “langkah olahraga di dalam rumah”, dan semacamnya.

Baca Juga:  Panduan Simple Membuat Blog yang Baik dan Benar

Anda kemungkinan pakar dalam googling sendiri, jadi taruh diri Anda pada status orang yang bakal meng-google topik Anda. Itu akan memberikan Anda wacana yang baik sekali mengenai keyword sasaran Anda.

Sudah pasti, Anda dapat memakai langkah yang lebih gampang dan memercayakan alat riset keyword. Mereka akan membuat otomatis proses ini dan menolong Anda tentukan keyword yang pas yang berkaitan dengan topik Anda.

Buatlah garis besarnya

Dengan topik yang sama sesuai dan keyword yang berkaitan, Anda saat ini mulai dapat berencana garis besar posting blog Anda. Buat draf kasar dan catat beberapa gagasan.

Kembali lagi ke topik “latihan di dalam rumah”, Anda bisa berencana beberapa hal detil yang ingin Anda bahas. Anda bisa mempunyai paragraf mengenai keutamaan olahraga keseluruhannya, selanjutnya mengulas faedah kardio versus. angkat besi, dan paling akhir, daftar dan terangkan beberapa latihan khusus. Berbicara mengenai perlengkapan yang dibutuhkan untuk latihan di dalam rumah, serta kemungkinan mengatakan diet tertentu untuk pendekatan kesehatan dan kesehatan yang komplet.

Pakai keyword untuk keuntungan Anda dan utamakan mereka untuk membikin garis besar kasar dari posting blog Anda.

Belajar dari kompetitor

Itu selalu gagasan yang bagus untuk mengecek persaingan saat sebelum Anda mulai menulis posting blog. Ini akan memberikan Anda wacana mengenai bagaimana kompetitor Anda tangani topik tertentu dan bagaimana audience bersama Anda meresponsnya.

Jangan sampai mengopi kompetitor!

Pakai cuman untuk ide dan panduan dan untuk pelajari apa yang penting Anda kerjakan untuk membikin posting blog Anda berlainan pada mereka.

Bersiap-siaplah untuk tuangkan gagasan ke kertas (digital)

Sesudah Anda memperoleh semua info yang Anda perlukan untuk mulai menulis blog, berikut waktunya untuk menyiapkan proses penulisan yang sebetulnya. Itu dapat semakin gampang disampaikan dibanding dilaksanakan.

Menulis ialah proses inovatif, jadi hadapi kendala inovatif bukan hal yang tidak mungkin. Hal terbaik yang bisa Anda kerjakan untuk bersiap-sedia mendokumenkan beberapa ide Anda dengan hilangkan semua masalah.

Yakinkan Anda mempunyai lokasi yang nyaman dan tenang di mana Anda bisa menulis tanpa yang mengubah perhatian Anda.

3. Pikirkan judul khusus Anda dengan baik

Cara Menulis Postingan Blog Dengan Sempurna

Anda mempunyai topik dan keyword, Anda sudah mempelajari kompetisi, dan saat ini waktunya untuk membikin judul yang baik. Beberapa orang yang menyaksikan cara menulis postingan blog Anda tidak segera dapat melalui judul, dan judul itu kemungkinan merintangi mereka yang berminat untuk membaca blog Anda.

Maka bila Anda ingin tingkatkan jumlah pembaca dan menarik audience yang bertambah luas, Anda membutuhkan judul yang bagus yang tingkatkan pangsa sosial media dan menggerakkan click. Anda bisa melakukan dengan manfaatkan mata uang sosial, memberinya nilai ringkas, atau bahkan juga memberinya teror.

Mata uang sosial

Mata uang sosial pada intinya memiliki arti ikuti trend. Bila beberapa orang lakukan suatu hal atau tertarik dengan suatu hal, seseorang akan ikuti.

Contoh posting blog:

  • Program Paling Terkenal yang Harus Anda Punyai di Handphone Anda
  • 10 Rutinitas Pagi Orang Sukses yang Perlu Anda Adopsi

Nilai ringkas

Tawarkan nilai ringkas dalam judul Anda selalu bisa menarik pembaca. Anda perlu menerangkan jika posting blog Anda akan berguna untuk audience Anda. Mayoritas artikel “Langkah” mempunyai tujuan untuk memberinya nilai ringkas.

Contoh posting blog:

  • Langkah Membuat Makan Malam Thanksgiving Terbaik Cuman di dalam 2 Jam
  • Strategi Terbaik untuk Tingkatkan Penganut Media Sosial Anda

Ancaman

Memberikan ancaman atau mengingatkan pembaca dengan judul Anda kedengar kabur, tapi ini benar-benar efisien. Ini menggerakkan mereka untuk ambil perlakuan dan menyaksikan wacana apa yang bisa Anda pasarkan.

Contoh posting blog:

  • Stop Mengungkapkan Info Individu Anda Secara Online!
  • Kenapa Anda Tidak Akan Pernah Memperoleh Promo Itu?

4. Mulai dengan draf pertama Anda

Saat ini sesudah Anda mempunyai garis besar dasar untuk posting blog Anda dan judul yang berperan, Anda mulai dapat menulis draf pertama Anda. Jauhi memakai kebanyakan bulu-bulu dan menambah kalimat cuman untuk membikin jumlah kata. Kualitas text lebih penting dibanding jumlah kata yang Anda punyai. Menjaga supaya salinan Anda masih tetap informatif, melipur, dan bernilai.

5. Benar-benar memerhatikan SEO

Saat Anda menulis posting blog, Anda selalu harus ingat optimasi mesin perayap. SEO akan tingkatkan visibility blog Anda dan menolong Anda rangking semakin tinggi di mesin perayap, arahkan jalan raya situs Anda dan tingkatkan pembaca Anda.

Tag SEO penting

Tag SEO menolong mesin perayap pahami content Anda. Makin detil Anda, makin gampang untuk crawler mesin perayap untuk “membaca” blog Anda dan tentukan nilainya.

Tag SEO penting yang perlu diikutkan ialah:

  • Label judul
  • Tag deskripsi meta
  • Tag judul
  • Tag alternative gambar
  • Tag kanonik
  • Tag link nofollow
  • Tag text jangkar

Keyword

Anda harus mengikutkan keyword yang berkaitan dalam salinan Anda bila Anda ingin pembaca sasaran mendapati Anda. Tetapi, Sebaiknya anda menghindar isian keyword – ini akan menghancurkan rangking SERP (Halaman Hasil Mesin Pencarian) Anda dan merintangi banyak pembaca Anda.

Baca Juga:  Daftar Periksa Audit Konten Lengkap 2021

Masukkan keyword dan frasa keyword dengan alami dalam text Anda, dan sebut di judul dan judul Anda.

Link

Link intern dan external penting untuk SEO Anda. Link intern akan memberitahu mesin perayap mengenai tipe blog yang Anda lakukan. Mereka dapat bekerja untuk jaga pembaca Anda di blog Anda semakin lama.

Di lain sisi, link external ke blog kewenangan tinggi akan tingkatkan integritas dan keyakinan Anda, ke-2 nya sebagai aspek khusus untuk rangking SERP Anda.

6. Tambah konten visual

Posting blog tanpa content visual condong jadi benar-benar cemplang dan menjemukan. Anda perlu pisahkan text dengan gambar, GIF, dan media lain supaya pembaca masih tetap turut serta dan tertarik.

Sudah pasti, Anda tidak dapat cuman menambah content visual random – itu harus logis untuk topik Anda. Tidak logis untuk mengikutkan gambar anak anjing lucu bila Anda menulis blog mengenai “latihan dilaksanakan di dalam rumah”, misalkan.

Content visual yang memiliki makna yang berkaitan dan menambahkan nilai pada posting Anda ialah langkah yang perlu dilaksanakan.

7. Revisi dan ubah sesudah menulis posting blog Anda

Kekeliruan paling besar yang sudah dilakukan umumnya blogger baru ialah mengubah saat mereka menulis. Itu menghabiskan waktu, mengubah perhatian Anda, dan mengakibatkan kendala inovatif.

Sebagai tukarnya, mulai mengubah dan koreksi sesudah Anda menulis salinan selengkapnya. Lebih bagus kembali, beri beberapa saat, lalu balik lagi kelak. Anda akan mempunyai sudut pandang yang lebih fresh, dan Anda akan berasa lebih gampang untuk tingkatkan text dan membuat kedengar lebih bagus.

Bila Anda ingin dipandang serius sebagai seorang blogger, Anda perlu pastikan jika gaya bahasa dan ejaan Anda prima. Anda tidak harus semua santun dan pas, tapi Anda harus menghindar keluh kesah gaya bahasa pada bagian komentar Anda . Maka, selalu ubah dan revisi saat sebelum Anda mengupload posting blog Anda.

8. Responsivitas posting blog sangat penting

Paling akhir, Anda harus pastikan jika posting blog Anda bisa dibaca di semua piranti. Pembaca Anda akan memakai handphone pintar, PC, dan tablet yang lain saat berkunjung blog Anda. Dan mereka semuanya wajib bisa menyaksikannya secara jelas, lepas dari piranti mereka.

Semua text, gambar, video, dan yang lain, harus terang dan memiliki ukuran mencukupi untuk monitor apa saja. Optimalisasi mobile penting untuk menarik pembaca dan tingkatkan rangking SERP Anda, maka janganlah lupakan itu.

Struktur posting blog yang sempurna

Saat ini sesudah kita mengulas beberapa langkah untuk menulis posting blog yang mematikan, silahkan kita saksikan template posting website yang prima yang perlu selalu Anda turuti.

Judul:

Posting blog yang prima diawali dengan judul yang prima. Yakinkan itu menarik, terang, dan meringkas semuanya mengenai salinan Anda. Masukkan phrase keyword khusus Anda di judul untuk tingkatkan SEO Anda.

Berikut helai jiplakan yang bisa Anda pakai yang bakal menolong Anda mendapati gagasan judul.

Tanggal

Situs blog umumnya tampilkan posting dalam posisi urutan kebalik, dengan posting terkini ada pada bagian teratas. Itu selalu sebagai gagasan yang bagus untuk masukkan tanggal penerbitan dipublish blog Anda hingga pembaca Anda mempunyai deskripsi yang baik mengenai entri terkini Anda.

biodata penulis

Bio penulis selalu sebagai sentuhan yang baik, dan Anda bisa memasukkan selekasnya sesudah judul atau pas sesudah ringkasan. Masih tetap singkat dan manis, cuman mengatakan detil penting.

Bios penulis ialah langkah yang baik untuk memberikan inspirasi keyakinan antara pembaca Anda, terlebih jika ada lebih satu penulis di blog Anda.

Kategori posting blog

Kelompok posting blog ialah langkah yang baik untuk jaga content Anda terorganisir secara baik. Bila Anda jalankan blog kesehatan dan kesehatan, Anda bisa mengikutkan kelompok misalnya:

  • Latihan kardio
  • Angkat Berat
  • Latihan kemampuan
  • Kegiatan rutin latihan cepat
  • Latihan di dalam rumah
  • Diet

Setiap Anda mengupload content baru, Anda akan memasukkan ke kelompok, dan audience Anda akan menyaksikan apa yang bakal mereka peroleh darinya. Ini bermanfaat untuk penjelajah mesin pencari saat mereka mencari blog Anda.

Pengantar

Pengenalan Anda akan membuat atau merusak posting blog Anda. Ini akan menggerakkan pembaca Anda untuk tutup tab dan meneruskan, atau itu akan memancing ketertarikan mereka dan membuat mereka masih tetap turut serta . Maka, pertimbangkan perjumpaan Anda.

Masih tetap terang dan to the poin, dan terangkan dengan singkat mengenai apa posting Anda. Masukkan keyword minimal sekali dalam dua paragraf pertama untuk SEO yang lebih bagus.

Badan

Badan posting blog Anda harus penuhi janji yang dibikin oleh judul dan pendahuluan. Bila judul Anda mengeluarkan bunyi “latihan dilaksanakan di dalam rumah”, Anda harus menerangkan latihan yang sama sesuai di tubuh salinan Anda. Tidak boleh cuman menerangkan faedah kesehatan dari olahraga pada umumnya atau bicara mengenai olahraga di gym. Konsentrasi pada topik khusus dan jabarkan.

Bermain dalam jumlah kata yang lain untuk menyaksikan apa yang terbaik disikapi oleh audience Anda.

Subjudul

Bahkan juga posting blog terpendek harus mengikutkan satu atau dua subjudul – ini membuat salinan lebih gampang untuk dipindai. Saat mengikutkan subjudul, yakinkan subjudul berkaitan dengan topik khusus dan memiliki kandungan info yang dijanjikannya. Untuk artikel “latihan dilaksanakan di dalam rumah” Anda, subjudul seperti “kardio gampang di dalam rumah” harus bicara mengenai kardio, bukan mengenai angkat besi, bukan mengenai diet, dan bukan mengenai perlengkapan gym di dalam rumah.

Baca Juga:  Cara Optimasi Kecepatan Situs Web 2021

Peluru dan angka

Mengikutkan beberapa poin dan daftar dengan nomor ialah opsi yang baik sekali untuk posting blog yang lebih panjang. Mereka merusak text secara baik dan menolong pisahkan gagasan atau cara jadi info yang gampang diolah.

Text yang ditebalkan/disoroti

Untuk betul-betul memperlihatkan keutamaan suatu hal dalam posting blog Anda, Anda bisa memakai text yang diciptakan tebal atau disoroti. Tetapi pakai secara jarang-jarang. Benar-benar baik untuk menyorot suatu hal, tapi artinya lenyap bila semua disoroti.

Link dari sumber tepercaya

Interlinking penting untuk tiap situs blog. Ini menolong untuk menyambungkan semua posting blog Anda dan memungkinkannya Anda untuk membikin pembaca Anda masih tetap turut serta dengan semua content Anda. Mempertautkan ke situs terpenting yang lain menolong Anda membuat integritas dan kewenangan di niche Anda.

Tetapi, tidak boleh masukkan link setiap paragraf. Itu cuman akan mengubah perhatian pembaca dan membuat Anda terlihat scammy.

Multimedia

Seperti disebut sebelumnya, masukkan content visual ialah keperluan mutlak. Ini merusak text dan membuat lebih gampang dibaca. Ini dapat menolong Anda menerangkan diri kita dengan lebih bagus dan bawa pulang point Anda.

Gambar favorit akan menolong Anda mempromokan posting blog Anda di sosial media dan aliran yang lain.

Ringkasan

Tawarkan rangkuman cepat ialah langkah prima untuk menuntaskan posting blog Anda dan mengulas beberapa poin terpenting. Beberapa kalimat telah cukup buat mengingati pembaca mengenai apa yang sudah Anda ulas.

CTA

Sebuah CTA, atau Panggilan Untuk Tindakan , harus ditempatkan sesudah rangkuman. Anda harus secara eksplisit memberitahu pembaca Anda apa yang Anda ingin mereka kerjakan sesudah mereka membaca posting blog Anda. Misalnya dapat untuk membagi posting Anda di sosial media, tinggalkan komentar, atau abonemen blog Anda.

Contoh Posting Blog

Paling akhir, silahkan mengulas contoh-contoh posting blog dan menyaksikan tipe content yang bisa Anda terbitkan di blog Anda.

Daftar

Daftar ialah beberapa macam posting blog terpopuler yang bakal Anda jumpai:

  • 5 Latihan Paling atas yang Harus Dilaksanakan di Rumah
  • Alat Kerjasama Terbaik untuk Karyawan Jarak Jauh
  • Seri TV Paling atas untuk Dilihat di Netflix
  • 5 Resep Go-To Saya untuk Berlibur Musim Dingin
  • 10 Barang Yang Harus Dipunyai Tiap Gadis di Lemarinya

Perbedaan

Seluruh orang menyenangi perbedaan yang baik, dan Anda bisa membuat Versus. content mengenai nyaris segala hal:

  • iPhone Versus. Samsung: Handphone Yang mana Lebih Baik?
  • Kardio Versus. Latihan Kemampuan: Pro dan Melawan
  • Plastik Sekali Gunakan dan Alternative-nya yang Terus-menerus
  • Ketidaksamaan Di antara Marketing Berbayar dan Organik
  • Apa Lebih Baik Sewa atau Beli Rumah di LA?

Solusi

Tawarkan solusi untuk permasalahan pembaca Anda adalah langkah paling mudah untuk mengundang perhatian mereka:

  • Langkah Terbaik Menangani Insomnia
  • Kegiatan rutin Latihan Paling mudah untuk Turunkan Berat Tubuh Berlebihan
  • Tambahkan Kesetimbangan Kehidupan-Kerja Anda Dengan Panduan Simpel Ini
  • Stop Anjing Anda Merusak Rumah Anda Saat Anda Pergi
  • Bagaimana Lakukan Berbelanja Natal dengan Bujet Ketat

Berita dan Pembaruan

Bila Anda mengupload posting blog harian, tawarkan informasi dan penyempurnaan mengenai topik trendy yang berkaitan dengan niche Anda menjadi opsi yang baik:

  • Olahraga di Rumah Sepanjang COVID-19
  • Perkembangan Tehnologi Paling Hebat Tahun 2020
  • Film Netflix Kedepan yang Perlu Anda Saksikan
  • Tempat Terbaik untuk Didatangi Sepanjang Wabah Coronavirus
  • Yang Perlu Anda Kenali Mengenai iPhone Terkini

Panduan info

Panduan info ialah opsi yang baik sekali untuk posting blog. Mereka mendidik dan melipur, dan kerap kali selalu hijau (content yang masih tetap berkaitan untuk waktu lama atau selalu):

  • Bagaimana Tangani Interviu Kerja Seperti Professional
  • Tambahkan Marketing Organik Anda Dengan Panduan Ini
  • Langkah Meningkatkan Kegiatan rutin Latihan yang Pas untuk Anda
  • Langkah Menulis Posting blog Blog
  • 5 Cara Turunkan Berat Tubuh di dalam 2 Minggu

Garis bawah

Menulis posting blog bisa saja melawan, tapi bila Anda siap dan mempunyai topik yang Anda gemari, itu dapat benar-benar gampang. Untuk menulis posting blog yang mematikan, Anda perlu:

  • Cermat sasaran pasar Anda
  • Targetkan posting blog Anda
  • Tiba dengan judul yang bagus
  • Bangun draf pertama Anda
  • Lihat SEO
  • Tambah content visual
  • Revisi semuanya
  • Buat posting yang dimaksimalkan untuk seluler

Maka mulai dan cicipi perjalanan blogging Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.