Cara Merawat Fungsi Fitur Brake Lock Pada Motor Matic

Cara Merawat Fungsi Fitur Brake Lock Pada Motor Matic – Ternyata simpel, jadi kamu merawat brake lock pada motor matic agar berfungsi normal dan mendukung aspek keselamatan saat berkendara.

Dengan prinsip pengoperasian yang sederhana, perawatan brake lock sebenarnya tidak sulit dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Cara Merawat Fitur Brake Lock Pada Motor Matic

Jika Anda mengabaikannya, tuas pengunci rem atau tombol pada tuas rem belakang kemungkinan akan terjepit dan terseret, sehingga sulit digunakan.

“Karena menggunakan sistem mekanis berupa engsel atau pegas, Anda hanya perlu melumasinya dengan cairan penetrant agar bebas karat dan halus saat digunakan,” ujar Adhi Prasodjo, Service Advisor Yamaha Motor. Dinamika, Kebon Jeruk, Jakarta Barat.

Selain itu, penyetelan rem belakang harus dalam toleransi pabrikan, yaitu tidak terlalu rendah atau terlalu pendek.

Baca juga : Penyebab Kampas Rem Belakang NMAX Cepat Habis

Seiring waktu, pengaturan dapat berubah atau bantalan rem belakang menjadi lebih tipis, yang menyulitkan penggunaan fungsi penguncian rem.

Service advisor dari perusahaan Yamaha itu menambahkan bahwasan “Misalnya kampas rem tipis, fungsi brake lock tidak maksimal karena tuas rem harus terlalu rendah,” pungkasnya si advisor tadi.

Baca Juga:  7 Harga Mobil Daihatsu Terbaru 2021

Setelah mengganti kampas rem belakang, pengaturan rem juga harus diatur ulang agar tuas rem tidak terlalu pendek dan fungsi brake lock sulit diaktifkan.

Sekalipun rem belakang masih berfungsi, pengaturan celah celah yang tidak benar dapat menyebabkan fungsi penguncian rem terganggu.

Jika Anda masih ragu tentang cara menyetel jarak bebas tuas rem belakang pada sepeda motor, serahkan saja pada mekanik langganan Anda, ya.

Nah itulah tips merawat engine brake lock otomatis di rumah.

Berikut terdapat cara untuk merawat fungsi dari fitur brake lock pada motor matic, semoga membantu pembaca di rumah termasuk men temen dirumah juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published.