Cara Recovery Akun Google yang Lupa Password

Cara Recovery Akun Google yang Lupa Password – Saat ini akun email dari Google memiliki fungsi yang penting, mulai dari login ke ponsel, akun sosial media, untuk pekerjaan, dan masih banyak lagi. Karena fungsinya yang beragam, akun Gmail yang lupa password tentu membuat siapapun kebingungan.

Pasalnya, jika seseorang lupa password gmail, maka akun harus di-recovery atau dipulihkan agar bisa digunakan kembali. Untuk Anda yang saat ini sedang mengalami masalah serupa, berikut adalah beberapa tips dan cara yang bisa kamu lakukan.

Persiapan Sebelum Melakukan Recovery

1.      Periksa Password Lama

Tips pertama untuk recovery akun google adalah mengecek apakah kamu pernah menggunakan akun tersebut di perangkat yang lain. Misalnya, kamu pernah melakukan login menggunakan ponsel yang berbeda, sehingga password masih tertinggal disana. Jika masih tersimpan, Anda bisa melakukan login disana atau melihat sandinya.

2.      Ikuti Support dari Google

Google menyediakan layanan pemulihan akun jika kamu lupa dengan kata sandi yang dimiliki. Cukup ikuti panduan yang telah disediakan, nantinya kamu akan dibawa untuk mengisi kolom yang tersedia dan melakukan pemulihan akun yang dimiliki.

Baca Juga:  6 Jenis Lensa di Smartphone dan Kegunaannya

Cara Melakukan Akun Gmail dengan Mudah

Setelah mengetahui persiapan untuk melakukan recovery akun google, berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk pemulihan akun, diantaranya:

a.      Menggunakan Nomor Ponsel

Nomor ponsel memiliki fungsi yang penting untuk akun gmail, langkah pertama jika kamu lupa kata sandi, masuk ke halaman revocery milik Google, kemudian ikuti langkah berikut ini:

  • Masukkan alamat email yang kamu miliki, kemudian pilih menu Next yang tersedia di pojok kiri bawah.
  • Cara recovery akun google selanjutnya adalah memasukkan kata sandi lama, kemudian lanjutkan dengan memilih menu Next.
  • Apabila kata sandi yang kamu masukan ternyata tidak cocok, kamu akan melakukan proses recovery otomatis. Pilih menu pemulihan akun atau lupa kata sandi, nantinya aka nada kode verifikasi yang masuk ke ponsel kamu.
  • Masukkan kode verifikasi yang dikirimkan, kemudian kamu akan diminta untuk membuat kata sandi baru. Pastikan kamu tidak membuat kata sandi yang sama persis dengan yang lama.
  • Akan muncul informasi pemulihan, ini merupakan cara terakhir dari recovery akun google. Setelah melakukan cara ini, maka kamu bisa login menggunakan kata sandi yang baru.
Baca Juga:  Mengenal dan Penjelasan AMD Ryzen

b.     Menggunakan Email Pemulihan

Selain menggunakan nomor ponsel, kamu juga bisa menggunakan email pemulihan yang tersimpan di akun gmail terseut. Berikut adalah langkah yang harus kamu lakukan jika sudah mendapatkan pemberitahuan bahwa kata sandi yang kamu masukkan salah.

  • Ketika muncul notifikasi pemulihan akun, pilih tulisan ‘saya tidak memiliki ponsel’.
  • Cara recovery akun google selanjutnya adalah menunggu kode verifikasi yang dikirimkan Google di akun pemulihan yang sudah terdaftar di akunmu.
  • Akan ada kode yang masuk ke email pemulihan milikmu, masukkan kode tersebut ke halaman pemulihan selanjutnya.
  • Masukkan kode ke kolom yang tersedia, nantinya kamu akan dialihkan ke halaman pembuatan sandi yang baru.
  • Proses pemulihan akan selesai jika kamu sudah mendapatkan pemberitahuan dari Google.

c.       Menjawab pertanyaan dari Google

Langkah terakhir untuk recovery akun google adalah dengan menjawab pertanyaan dari Google. Untuk cara yang satu ini, berikut adalah panduan yang harus dilakukan:

  • Setelah memasukkan kata sandi lama dan ternyata tidak cocok, maka kamu harus memilih tulisan ‘coba cara lain’ yang tersedia.
  • Nantinya akan ada kolom yang harus diisi, masukkan kapan tanggal kamu pernah mendaftar sebagai pengguna gmail. Sebaiknya pilih bulan dan tahun yang mendekati akurat, agar langsung bisa melanjutkan.
  • Cara recovery akun google berikutnya adalah membuat kata sandi baru setelah pertanyaan pertama berhasil dijawab.
  • Setelah proses pembuatan kata sandi baru selesai, akan ada pemberitahuan dari Google, pilih ‘saya setuju’ untuk menyelesaikan proses tersebut.
Baca Juga:  Ketahui Ciri Jasa Service AC Jakarta Utara yang Berpengalaman

Demikianlah beberapa cara recovery akun google karena lupa kata sandi, kamu bisa memilih yang mana saja sesuai dengan masalah yang dialami. Semoga dengan informasi tersebut kamu tidak kesulitan dalam melakukan proses pemulihan akun, khususnya karena lupa kata sandi yang pernah digunakan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.