Cara Upload Aplikasi Ke Playstore Dan Melakukan Registrasinya

Cara Upload Aplikasi Ke Playstore Dan Melakukan Registrasinya! Bagi kaum milineal, aplikasi Playstore yang terpasang di Smartphone bukan lagi menjadi perihal yang asing, bahkan sering sekali digunakan dalam menunjang aktivitas sehari-hari. Saat ini sebagian besar pengguna ingin sekali mencoba mengaploud banyak aplikasi menarik di Playstore agar bermanfaat bagi masyarakat serta memperoleh banyak keuntungan. Berikut ini cara melakukan upload aplikasi ke Playstore dengan baik dan benar yaitu sebagai berikut.

Cara Melakukan Registrasi di Playstore

Langkah awal yang paling penting bagi pengguna saat ingin meng-uploud aplikasi di Playstore adalah harus melakukan registrasi melalui Google Play Developer Console dan Marchant Google Wallet. Proses pendaftaran developer tersebut yakni dengan masuk kelaman website resmi, melakukan login di akun Google resmi, masuk ke bagian menu Accept Developer Agreement, mengisi detail kartu kredit untuk melakukan pembayaran registrasi, dan melakukan verifikasi.

Selanjutnya, pada registrasi kedua yakni melalui pembuatan akun Merchant Google Wallet. Pembuatan akun ini dapat mempermudah cara upload aplikasi ke Playstore dengan mudah tanpa hambatan. Langkah-langkahnya adalah melakukan klik pada tautan set up a merchant account now” di menu “Settings” > “Account details” di Google Play Developer Console. Setelah itu, isi detail data dengan benar hingga proses registrasi seslesai dan berjalan otomatis.

Baca Juga:  Cara Memindai Dokumen Menggunakan HP

Cara Upload Aplikasi Ke Playstore

Cara upload aplikasi ke Playstore yang pertama adalah pengguna harus melakukan login untuk bisa masuk kedalam aplikasi, yaitu melalui klik tombol Publish an Android App on Google Play yang terlampir di halaman utama akun Google Play Developer Console. Setelah itu, cara kedua adalah memilih opsi dengan nama menu Default language yang diinginkan. Lalu, pilih jenis Bahasa yang diinginkan  melalui menu Default Langauge.

Setelah itu, cara upload aplikasi ke Playstore yang kedua adalah klik tombol atau menu upload APK, lalu unggat file berbentuk APK tersebut dari aplikasi yang dimiliki pengguna. Jangan lupa, siapkan file keystore yang dinginkan dengan menggunakan sistem build file APK. Setelah itu, simpanlah file dengna keyword yang mudah untuk dimengerti agar data atau folder tidak hilang. Penyimpanan juga berfungsi untuk mengganti nama file apabila dibutuhkan pergantian data.

Cara upload aplikasi yang ketiga adalah jangan lupa persiapkan gambar yang tepat untuk membuat aplikasi tersebut menarik perhatian pengguna. Namun, saat pemilihan gambar jangan asal-asalan dan harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Google, antara lain maksimal 8 gambar dan memiliki ukuran 512px X 512px, dan terakhir, siapkan gambar banner dengan ukuran 1024px X 512px yang dibuat menggunakan corel draw atau photoshop.

Baca Juga:  Unduh Lagu dari YouTube? Begini Caranya!

Keempat, cara uploud aplikasi ke Playstore lainnya adalah aktifkan Google Play Developer dan login ke akun tersebut menggunakan email juga password yang telah terdaftar resmi. Setelah itu, klik menu tombol create application dan pilih opsi default language, title, dan isilah judul aplikasi berdasarkan aplikasi yang dibuat. Pilihlah nama yang unik, jelas, dan cukup familiar di masyarakat agar mudah dicari oleh pengguna.

Cara upload aplikasi yang kelima di Playstore, isilah data pada App Release sesuai dengan point-point penting yang dilampirkan. Selanjutnya, isi data store listing, dan content rating. Namun, dalam pengisian data tersebut, pengguna harus memasukkan email yang aktif untuk konfirmasi. Setelah itu, pilihlah menu multiple choice untuk melihat data-data aplikasi yang tepat sesuai yang diminta.  Lalu, isilah data di menu pricing dan distribution dan tombol save draft.

Terakhir, cara upload aplikasi ke Playstore adalah publish aplikasi ke Android dengan cara memilih menu App Release dibagian sisi kiri, kemudian tekan menu edit release, setelah itu scroll ke bawa menuju tomboh Review di bagian kanan sehingga akan muncul tulisan Start Rollout to Production.

Baca Juga:  Cara Bikin Akun Google Mudah untuk Berbagai Manfaat

Apabila telah menerima konfirmasi “Your app will now become available to all users of the Play Store. Do you want to continue? ”, tekan menu confirm dan klik tombol Create Release.

Itulah tadi informasi menarik seputar cara upload aplikasi ke Playstore dan cara melakukan registrasinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.