Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Kopi yang Menguntungkan

Faktor Memilih Lokasi Usaha Kopi yang Menguntungkan

Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Kopi – Coffeeshop merupakan kedai yang digandrungi oleh masyarakat Indonesia, khususnya anak muda yang ingin mencoba bisnis baru. Banyaknya peluang bisnis kopi di Indonesia mengakibatkan semakin banyak bermunculan kedai kopi di berbagai daerah. Sudah banyak pemilik coffee shop yang sukses membuka cabang di banyak kota.

Berbicara tentang bisnis kedai kopi, salah satu hal yang paling penting untuk dipikirkan dan direncanakan dengan matang adalah memilih lokasi kedai kopi. Lokasi memang menjadi faktor penting dalam perkembangan bisnis Anda. Bahkan dalam perjalanan bisnis, memilih lokasi yang tepat sangat menentukan keberhasilan.

Tentunya bagi Anda yang sedang dalam tahap mengembangkan bisnis kedai kopi agar lebih ramai dan menguntungkan, Anda perlu mengetahui faktor-faktor apa saja yang perlu diperhatikan saat memilih lokasi kedai kopi agar bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Tips memilih faktor lokasi kedai kopi

Faktor Pemilihan Lokasi Usaha Kopi

Berikut faktor-faktor dalam memilih lokasi usaha kopi yang akan menguntungkan pemilik usaha. Simak baik-baik ya

1. Tentukan lokasi sesuai target pasar

Sebelum memilih lokasi untuk kedai kopi, Anda harus terlebih dahulu melakukan survei untuk mengetahui apakah target pasar bisnis Anda berada di lokasi tersebut atau tidak. Beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika memilih lokasi adalah siapa tujuan, menu pilihan mereka, gaya hidup, dan kisaran pendapatan.

TRENDING :  Trik Agar Pelanggan Bisnis Kopi Membeli Produkmu

Strategi seperti ini sangat penting untuk menjadi pertimbangan Anda agar target pasar sesuai dengan lokasi yang dipilih. Misalnya, jika target kafe Anda adalah milenial dan anak muda, pilih lokasi yang dekat dengan pusat keramaian, misalnya sekolah atau universitas.

2. Pilih lokasi yang terlihat jelas

Faktor penting lainnya saat memilih lokasi kedai kopi adalah memilih lokasi yang mudah terlihat dari berbagai sudut. Lokasi yang strategis tentunya akan membuat kafe Anda mudah ditemukan oleh semua orang.

Biasanya tempat yang dianggap strategis adalah yang berada di sudut persimpangan dengan suasana terbuka. Anda juga perlu mengalihkan perhatian pengunjung agar mereka tertarik untuk mampir ke kafe Anda. Cara yang bisa dilakukan adalah font besar di depan kafe atau desain menarik yang mencolok.

Anda perlu memastikan bahwa konsumen merasa nyaman dan puas dengan layanan kafe Anda. Dengan begitu, konsumen akan tertarik untuk kembali lagi ke kafe Anda, sehingga persentase pengunjung yang datang akan lebih tinggi.

3. Pilih lokasi yang mudah dijangkau

Akses menuju lokasi yang mudah dan terjangkau oleh berbagai jenis kendaraan tentunya menjadi faktor krusial dalam memilih lokasi kedai kopi. Lokasi yang mudah dijangkau biasanya dekat dengan jalan raya dan di pusat kota.

TRENDING :  Simak Bisnis Investasi Online Tanpa Modal

Tentunya jika kafe Anda berada di dekat jalan bebas hambatan, akan lebih mudah untuk menemukan dan menjangkau target pasar. Dengan cara ini kafe Anda akan mendapat untung besar.

4. Perhatikan fasilitas di sekitar lokasi

Infrastruktur bangunan dan fasilitas di sekitar lokasi kafe juga harus Anda perhatikan. Tentunya Anda tidak bisa memilih lokasi usaha kopi dengan kondisi air yang kotor atau tidak ada parkir sama sekali.

Lokasi kafe yang tidak memiliki tempat parkir tentu akan menyulitkan pelanggan untuk mencari tempat parkir ketika ingin masuk ke dalam kafe. Oleh karena itu, sebaiknya pilih lokasi kedai kopi yang memiliki tempat parkir dan dapat memuat kendaraan roda dua atau empat.

Baca juga : Cara Memindai Dokumen Menggunakan HP

5. Menyadari ada tidaknya pesaing di dekat lokasi

Memilih lokasi yang strategis untuk bisnis kopi memang bisa membantu meningkatkan jumlah konsumen yang datang ke kedai kopi Anda. Sayangnya, pada kenyataannya banyak terdapat pesaing di lokasi yang strategis, sehingga sering terjadi persaingan yang ketat.

TRENDING :  5 Cara Bisnis Online Baju Tanpa Modal, Berikut Langkah Mudahnya!

Sangat mungkin Anda akan menemukan pesaing dengan lokasi bisnis yang berdekatan. Oleh karena itu, ketika memilih lokasi kedai kopi, Anda perlu mempertimbangkan apakah ada pesaing di dekat lokasi tersebut atau tidak.

Jika demikian, Anda juga perlu memastikan bahwa bisnis kedai kopi yang Anda jalankan dapat bersaing secara sehat dengan mereka. Namun jika yang terjadi sebaliknya, maka Anda perlu berpikir ulang untuk memilih lokasi ini atau mencari lokasi lain yang tidak memiliki pesaing.

6. Pertimbangkan lokasi yang strategis untuk bisnis kedai kopi

Memilih lokasi kopi yang tepat membutuhkan waktu yang lama. Ini karena Anda harus meluangkan waktu untuk melakukan survei situs. Posisi lokasi kedai kopi yang strategis memang menjadi kunci sukses bisnis Anda

Saat melakukan survei situs, Anda dapat memilih waktu tertentu untuk melihat seberapa sibuk situs tersebut. Anda dapat melakukan survei pada hari kerja dan hari libur.

Tidak ada salahnya bertanya kepada warga sekitar mengenai lokasi tersebut agar lebih mengetahui lokasi dan kondisi sekitarnya. Biasanya, penghuni akan memberi Anda saran dan saran tentang kemungkinan hambatan, kesesuaian untuk target pasar, dll.

7. Memperhatikan tempat dan kebiasaan masyarakat untuk minum kopi di luar rumah

Tentu saja ketika berbicara tentang kedai kopi Anda akan berpikir daerah mana saja yang biasanya ramai dan banyak orang yang keluar rumah hanya untuk ngopi. Misalnya kafe di daerah Yogyakarta. Tentu tidak semua tempat di Yogyakarta cocok sebagai lokasi kedai kopi.

TRENDING :  Jenis Moisturizer Untuk Semua Jenis Kulit Konsumen

Biasanya kawasan Jalan Kaliurang, Demangan, dan Seturan merupakan tiga kawasan yang memiliki banyak kedai kopi, karena banyak orang yang suka ngopi di luar rumah.

Jadi, sebelum memutuskan kota dan area untuk membuka kafe, Anda perlu melakukan riset menyeluruh dan memahami kebiasaan orang minum kopi di sekitar lokasi yang dipilih.

Apakah orang lebih suka minum kopi di kedai kopi atau di rumah? Juga, jangan lupa untuk mengetahui pendapatan rata-rata dan berapa banyak uang yang bersedia Anda keluarkan untuk minum kopi di kedai kopi.

Jika perlu, Anda dapat meminta data statistik konsumsi kopi per kapita di wilayah tersebut untuk melengkapi data dan fakta Anda. Cara ini memang sedikit rumit, namun sangat membantu Anda dalam memilih lokasi usaha kopi.

8. Ingat, kamu tidak harus menyenangkan semua orang

Anda pasti pernah mendengar ungkapan “jangan mencoba menyenangkan semua orang”, bukan? Ini juga berlaku jika Anda memutuskan lokasi kopi. Kalaupun memilih lokasi yang strategis, infrastruktur yang baik, dekat dengan gedung perkantoran dan kampus, Anda tidak harus membidik kedua target pasar tersebut.

TRENDING :  Meningkatkan Daya Tarik Produk Untuk Penjualan

Jadi, Anda perlu menentukan fokus target pasar dan menyiapkan strategi yang matang untuk menarik perhatian konsumen. Jangan takut dengan tantangan yang akan Anda hadapi. Selama Anda tahu nilai jual kafe Anda, tantangan ini dapat dihadapi dengan mudah.

Apakah Anda sudah mengetahui faktor-faktor dalam memilih lokasi usaha kopi?
Itulah berbagai faktor dalam memilih lokasi yang menguntungkan untuk bisnis kopi. Jadi jangan asal-asalan, Anda perlu melakukan analisa terlebih dahulu sebelum mengembangkan bisnis kopi agar tepat sasaran dan membawa hasil yang maksimal. Semoga berhasil!

Check Also

BTPN Jenius Sangat Mudah dalam Bertransaksi

BTPN Jenius Sangat Mudah dalam Bertransaksi

SHORENZA.com – BTPN jenius sangat mudah dalam bertransaksi. Ingin buka rekening tabungan tanpa ribet? Kini …