Kegunaan dan Cara Mengaktifkan NFC pada Perangkat Android

Kegunaan dan Cara Mengaktifkan NFC pada Perangkat Android. NFC adalah kependekan dari Near Field Communication. Pada dasarnya, ini adalah cara ponsel Anda berinteraksi dengan sesuatu dalam jarak dekat. Ini beroperasi dalam radius sekitar 4 inci dan menyediakan koneksi nirkabel antara perangkat Anda dan perangkat lainnya.

Teknologi memungkinkan komunikasi dua arah, dengan kedua perangkat yang terlibat dapat mentransfer dan memperoleh informasi. Teknologi yang dipakai dalam NFC dilandarkan pada ide-ide lama RFID (Radio-frequency identification), yang menggunakan induksi elektromagnetik untuk memindahkan informasi.

Kegunaan NFC Android

  • Bagikan Konten Dengan Perangkat NFC Android Lainnya

Dengan program seperti Android Beam, Anda dapat berbagi gambar, video, halaman web, informasi kontak, dan jenis data lainnya dengan tap bagian belakang ponsel secara bersamaan.

  • Siapkan Smartphone Baru Anda Dengan NFC Menggunakan Tap & Go

Untuk meningkatkan ponsel Android Anda, cobalah Tap & Go selama proses penyiapan, fitur yang disediakan di Android Lollipop dan versi yang lebih baru. Tap & Go berfungsi untuk memindahkan aplikasi dan akun Google Anda dari ponsel sebelumnya ke ponsel baru memakai NFC sehingga Anda tidak perlu repot-repot menginstal ulang semuanya.

  • Bayar dengan Ponsel Anda melalui Android Pay
Baca Juga:  Cryptocurrency Terbaik Yang Ada di Internet

Dalam sistem pembayaran tanpa sentuh, pelanggan hanya perlu tap ponsel mereka alih-alih menggunakan kartu kredit mereka di kasir. Dengan NFC Android diaktifkan, Anda dapat menyimpan informasi kartu kredit Anda di Android Pay atau Samsung Pay dan menggesek ponsel Anda saat checkout. Perusahaan kartu kredit juga terlibat seperti, Mastercard PayPass dan Visa payWave.

  • Tag NFC Program

Tag NFC adalah perangkat kecil yang dapat diprogram untuk melakukan hal-hal tertentu saat digesek. Misalnya, program perangkat ini untuk melakukan tindakan sederhana seperti mengaktifkan tethering nirkabel, meluncurkan aplikasi tergantung pada lokasi Anda, meredupkan layar ponsel pada waktu tidur, mematikan notifikasi, atau menyetel alarm dan timer. Anda juga dapat mengatur proses yang lebih rumit seperti mem-boot PC Anda.

Memprogram tag NFC Android itu gampang dan Anda harus mengunduh aplikasi untuk menjalankannya. Google Play Store menyediakan beberapa opsi ini. Anda juga dapat mensisipkan tag NFC pada kartu bisnis Anda sehingga kontak baru dapat menyimpan informasi Anda dalam sekejap.

  • Bagikan Jaringan Wi-Fi Anda melalui NFC
Baca Juga:  Fast Charging 200W Buat Rusak Baterai? Ini Penjelasan Xiaomi

Saat Anda kedatangan tamu, jangan beri mereka kata sandi Wi-Fi Anda. Sebagai gantinya, gunakan tag NFC untuk membagikannya. Cara ini lebih aman karena tamu Anda tidak akan mengetahui kata sandinya.

  • Membangunkan dari Tempat Tidur

Bangun di pagi hari bisa menjadi tantangan yang cukup besar. Bagi sebagian orang, bahkan jam alarm yang paling keras pun tidak membantu. Dalam hal ini, pertimbangkan untuk menggunakan tag NFC Android untuk memotivasi Anda bangun dari tempat tidur. Aplikasi seperti Sleep As Android mengintegrasikan alarm dengan tag NFC, melalui penggunaan captcha dalam aplikasi.

Ini bertujuan untuk memverifikasi bahwa Anda telah bertindak dengan membuat Anda berinteraksi dengan item fisik. Gunakan aplikasi untuk menulis captcha berbasis NFC, maka satu-satunya cara untuk menonaktifkan alarm adalah keluar dari tempat tidur, temukan stiker NFC, dan ketuk ponsel Anda di atasnya.

Apakah Anda memiliki NFC?

Untuk mengetahui apakah ponsel Anda memiliki fitur NFC Android atau tidak, Anda cukup periksa menu Pengaturan ponsel:

  1. Di perangkat Android Anda, klik “Pengaturan”.
  2. Klik  “Perangkat yang terhubung”.
  3. Klik  “Preferensi koneksi”.
  4. Terdapat opsi “NFC” dan “Android Beam”.
Baca Juga:  Kenali Lebih Dalam Apa Itu Intel Xeon?

Ini tergantung pada perangkat Anda, kedua opsi tersebut dapat diletakkan di folder yang berbeda. Jika Anda tidak dapat menemukannya, buka menu pengaturan, ketuk ikon pencarian di atas, dan ketik “NFC”. Opsi NFC Android akan muncul jika perangkat Anda memilikinya.

Mengaktifkan NFC

Chip dan Android Beam perlu diaktifkan jika perangkat Anda memiliki NFC supaya dapat memanfaatkannya. Caranya sangat mudah Anda, setelah Anda mengetahui letak NFC dan Android Beam, Anda hanya perlu mengklik Nyalakan pada keduanya.

Kemampuan NFC Android beroperasi memiliki hubungan dengan Android Beam. Jika Android Beam dinonaktifkan, mungkin membatasi kapasitas berbagi NFC.

Itu dia — begitulah kegunaan NFC Android. Apakah Anda telah mengaktifkannya? Dan biasanya Anda menggunakan NFC untuk apa (mengirim gambar, melakukan pembayaran atau yang lain)? Selamat mencoba bagi Anda yang baru mengetahui fitur ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published.