Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas Yang Jarang Diketahui

Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Emas Yang Jarang Diketahui – Emas merupakan salah satu logam mulia yang berharga. Hal ini dikarenakan emas ini sangat sulit untuk didapatkan. Maka tak heran apabila harganya cenderung naik dari waktu ke waktu.

Baca juga artikel lain di : https://shorenza.com/

Fenomena ini juga bisa dimanfaatkan oleh orang-orang tertentu untuk mendapatkan keuntungan. Caranya sangat mudah, mereka hanya perlu berinvestasi emas untuk meraup keuntungan yang lebih besar tersebut.

Jika Anda tertarik untuk melakukan hal yang sama, maka Anda harus tahu beberapa kelebihan dan kekurangan saat memilih emas sebagai salah satu cara untuk merawat keuntungan. Agar Anda tidak ragu, maka di bawah ini akan di sebutkan beberapa keuntungan dan kelebihan yang bisa didapatkan saat memilih emas untuk mendapatkan keuntungan.

Kelebihan Berinvestasi Emas

Adapun kelebihan yang ditawarkan oleh salah satu jenis investasi yang menguntungkan ini adalah sebagai berikut.

  1. Sangat Mudah Dicairkan

Salah satu keuntungan memiliki emas atau menjadikan emas sebagai salah satu barang Investasi adalah emas bisa dengan mudah dicairkan saat Anda sedang membutuhkan uang. Sehingga Anda bisa menjadikan emas sebagai pegangan untuk berbagai keperluan mendadak yang mungkin terjadi.

  1. Tidak Ada Pajak
Baca Juga:  3 Jenis Bisnis Investasi Tanpa Modal Paling Populer

Jika Anda memilih saham sebagai salah satu investasi, maka tentu Anda akan dikenakan pajak. Namun berbeda halnya saat Anda memilih emas sebagai investasi, karena emas tidak akan dikenakan pajak apapun.

  1. Sebagai Pelindung Nilai Kekayaan Dan Nilai Emas Cenderung Naik

Memilih untuk berinvestasi emas merupakan pilihan yang sangat tepat untuk Anda ambil. Hal ini dikarenakan, emas juga bisa berperan untuk melindungi kekayaan seseorang. Karena pada dasarnya nilai emas dari tahun ketahun cenderung naik.

Sehingga bisa memberikan keuntungan yang sangat besar dari hasil selisih antara ketika Anda membeli dan saat Anda menjualnya

Beberapa kelebihan yang sudah disebutkan di atas memang mampu membuat seseorang yakin untuk menjadikan emas sebagai barang investasi. Namun perlu diketahui bahwa semua jenis investasi tidaklah sempurna.

Karena di balik kelebihan tentu pasti akan ada kekurangan yang bisa saja membuat seseorang jatuh atau bahkan mengalami kerugian, begitu pula dengan jenis investasi emas ini juga memiliki kekurangan tertentu.

Kekurangan Investasi Emas

Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa saat Anda memilih emas sebagai barang investasi pastinya akan dihantui oleh beberapa kekurangan yang dimiliki oleh jenis investasi ini untuk itu di bawah ini akan di Sebutkan beberapa kekurangan dari investasi ini adalah sebagai berikut.

  1. Adanya Resiko Kehilangan Yang Sangat Tinggi
Baca Juga:  5 Cara Investasi Emas Antam untuk Pemula

Resiko yang pasti ditakutkan oleh para investor yang memilih emas sebagai barang Investasi adalah kehilangan karena dicuri oleh orang lain. Hal ini memang mungkin saja terjadi saat Anda memilih untuk menjadikan emas sebagai barang investasi, apalagi dalam jumlah yang sangat besar. Pastinya Anda juga harus siap dengan resiko yang satu ini.

  1. Harganya Yang Fluktuatif

Jika Anda berminat untuk berinvestasi emas, maka Anda juga harus mempertimbangkannya dengan baik-baik karena harganya yang fluktuatif. Harga emas memang cenderung naik setiap tahunnya tapi tidak menutup kemungkinan bahwa harga emas juga mengalami penurunan.

  1. Hanya Berdampak Kecil Pada Ekonomi Riil

Pemilih Mas sebagai barang investasi tidak akan memberikan keuntungan atau tidak akan berpengaruh pada pertumbuhan ekonomi suatu negara. Karena pada dasarnya hasil dari investasi yang satu ini hanya akan dinikmati oleh investornya sendiri, baik untuk kebutuhan sehari-hari atau bahkan untuk berfoya-foya.

Hal ini tentu sangat berbeda saat Anda memilih saham sebagai barang investasi karena saham mampu membuat satu perusahaan menjadi besar dan akan berpengaruh pada perekonomian suatu negara.

  1. Investasi Jangka Panjang
Baca Juga:  5 Produk Asuransi Mobil Pilihan Terbaik Dan Terpercaya

Salah satu alasan mengapa banyak orang yang masih ragu untuk berinvestasi emas adalah karena investasi jenis ini merupakan investasi jangka panjang dan hanya akan bisa di nikmati hasilnya setelah Anda menunggu waktu yang sangat lama bahkan bertahun-tahun.

Meskipun harga dari emas cenderung naik setiap tahunnya, tetapi harganya akan melambat tergantung pada kondisi ekonomi suatu negara.

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan dari kegiatan berinvestasi emas. Menjadikan emas sebagai barang investasi merupakan pilihan yang tepat, tetapi juga mampu memberikan dampak buruk bagi Anda. Sehingga Anda harus memikirkan kembali apakah ingin menggunakan emas sebagai barang investasi atau tidak.

Leave a Reply

Your email address will not be published.