Memahami Lebih Detail Cara Kerja AC Mobil

Memahami Lebih Detail Cara Kerja AC Mobil. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana cara kerja AC mobil Anda? Sebagian besar dari kita tidak pernah memikirkannya sampai AC Anda rusak atau tidak berasa, biasanya pada hari terpanas di musim panas. Pendingin udara adalah proses yang sangat bergantung pada banyak bagian yang bekerja bersama.

Di blog ini, kita akan berbicara tentang proses keseluruhan yang terlibat dengan kerja AC mobil. Namun sebelum itu, mari kita telusuri alasan adanya AC di mobil Anda dan semua komponen AC.

Komponen AC Mobil

Sistem AC Mobil memiliki komponen yang hampir sama dengan AC ruangan. Namun karena mobil lebih kecil dari sebuah ruangan, ada banyak modifikasi yang dilakukan di dalamnya agar bisa muat dengan kompak di dalam ruangan. Komponen utama yang digunakan untuk menjalankan cara kerja sistem AC mobil adalah:

TRENDING :  Harga Mobil SUV Terbaru 2021

●       Kompresor

Kompresor AC dikenal sebagai jantung. Ini menambah tekanan refrigeran sehingga dapat mengganti refrigeran uap menjadi refrigeran cair. Refrigeran cair memberi kesempatan aliran udara secara utuh lewat melalui kondensor.

●       Kondensator

Kondensor adalah perangkat kecil yang mengontrol kondensasi. Saat ingin menyetel suhu mobil ke rendah atau tinggi, refrigeran cair yang dikirim oleh kompresor harus menghadapi gaya konveksi yang diberikan oleh kipas radiator atau oleh kipas terpisah. Kekuatan ini membantu dalam mengendalikannya cara kerja sistem AC mobil.

●       Katup Ekspansi

Katup Expansi membantu dalam memperluas tekanan tinggi, dengan mengirimkan refrigeran cair suhu rendah oleh kondensor. Seperti namanya, ia mengontrol ekspansi dan mengurangi tekanan. Tekanan pelepasan refrigeran sebelum dikirim ke evaporator.

TRENDING :  20 Harga Mobil Wuling Murah Terbaru 2021

●       Evaporator

Evaporator diletakkan di belakang ventilasi AC dan berfungsi sebagai penukar panas. Dibutuhkan panas dari mobil dan mengubahnya menjadi refrigeran cair dengan mengubahnya menjadi uap dalam cara kerja sistem AC mobil.

●       Tabung Orifice

Tabung orifice berbentuk kerucut dan memberikan pembatasan aliran refrigeran. Hal ini memungkinkan refrigeran untuk mengubah kabut refrigeran cair bertekanan tinggi ke rendah sebelum memasuki evaporator.

●       Receiver Dryer

Receiver Dryer dikenal sebagai pengait pengaman dalam cara kerja sistem AC mobil karena menjaga keamanan di dalam mobil. Saat menggunakan AC, terkadang cairan mulai mengalir ke kompresor alih-alih uap, yang dapat merusak kompresor.

Jadi Receiver Dryer dimasukkan antara kompresor dan evaporator untuk mengubah cairan yang tersisa menjadi uap dan kemudian mengirimkannya untuk kompresi.

TRENDING :  Cara Merawat Ban Agar Tahan Lama Pada Motor Bekas

Cara Kerja AC Mobil

Sekarang, Anda tahu tentang setiap komponen AC Mobil dan dapat bergerak maju menuju prosesnya. Artikel ini telah mencoba memberikan langkah-langkah berurutan tentang cara kerja sistem AC mobil.

  1. Semua pekerjaan dimulai dengan Kompresor. Ini memampatkan atau menekan refrigeran dan mengubahnya menjadi cairan dari keadaan gasnya.
  2. Refrigeran cair terkompresi harus melewati tabung tertentu yang terletak di kondensor dalam cara kerja sistem AC mobil. Di sini, terjalin udara segar dari luar dengan refrigeran cair. Kondensor menyimpan cairan bersuhu tinggi dan itulah sebabnya ada perbedaan suhu antara cairan dan udara segar. Kemudian, panas berpindah dari cairan dan bercampur dengan udara.
  3. Kemudian, refrigeran bergerak ke receiver drier atau akumulator. Pengering menghilangkan kelembaban dari udara dan zat pendingin yang mengarah pada penciptaan zat pendingin yang lebih dingin sambil mempertahankan sistem.
  4. Refrigeran yang sudah dalam keadaan cair dingin, mengalir ke katup ekspansi atau tabung orifice. Cara kerja sistem AC mobil ini mengurangi tekanan fluida secara keseluruhan dan memungkinkannya untuk pindah ke evaporator.
  5. Refrigeran yang telah dikonversi kemudian akan pindah ke evaporator. Udara dari mobil akan ditarik ke dalam evaporator dan masuk ke dalam inti evaporator. Suhu refrigeran lebih dingin dan dapat mengubah panas luar menjadi udara dingin.
  6. Kipas di dekat kursi penumpang membantu meniupkan udara dingin melalui ventilasi dan membuat suhu mobil menjadi sejuk. Cara kerja sistem AC mobil ini juga menghilangkan kelembapan dari udara dan memungkinkan Anda untuk menikmati udara segar dan kering. Saat refrigeran cair dalam sistem AC menjadi lebih panas setelah bekerja, ia kembali berubah menjadi gas.
  7. Refrigeran gas panas dan bertekanan rendah ini kembali bersirkulasi dan kembali ke kompresor. Beginilah siklus baru dihasilkan dan Anda memperoleh udara sejuk, kering, dan segar.
TRENDING :  Ini Salah Satu Penyebab Mengapa Motor Bisa Berdengung

Nah, sebelumnya, Anda mungkin mengira itu magic. Untungnya, jika Anda telah sampai sejauh ini dalam panduan ini, Anda seharusnya memiliki gagasan yang jauh lebih baik tentang cara kerja sistem AC mobil Anda.

DAFTAR ISI

Check Also

Daftar Harga Mobil Land Rover Terbaru 2021

Daftar Harga Mobil Land Rover Terbaru 2021

Daftar Harga Mobil Land Rover – Ada banyak beberapa perusahaan otomotif terpenting yang perlu beralih …