Memahami Perbedaan Asuransi Mobil All Risk Dan TLO

Memahami Perbedaan Asuransi Mobil All Risk Dan TLO – Memiliki mobil saat ini menjadi salah satu hal yang dinilai bisa mempermudah aktifitas masyarakat. Dengan memiliki mobil, Anda bisa melakukan perjalanan jauh dengan nyaman baik dalam rangka liburan maupun dalam rangka memenuhi kebutuhan kerja.

Baca juga artikel lain di : https://www.shorenza.com/

Dengan berbagai fitur yang dimilikinya, mobil dinilai mampu memberikan keamanan dan kenyamanan bagi pengendara maupun penumpangnya. Namun tentu berbagai keunggulan mobil tersebut hanya bisa dirasakan jika Anda memberikan perawatan dan penjagaan yang tepat untuk mobil tersebut.

Salah satu jenis perawatan dan penjagaan yang tepat untuk sebuah mobil adalah dengan memberikan asuransi mobil all risk maupun asuransi mobil TLO terhadap mobil Anda. Istilah asuransi tentu merupakan sebuah istilah yang tidak asing lagi. Asuransi mobil sendiri memiliki berbagai manfaat salah satunya sebagai langkah antisipasi jika mobil mengalami kerusakan.

Ada 2 jenis asuransi mobil yaitu all risk dan TLO. Jenis asuransi ini biasanya langsung didaftarkan saat Anda membeli sebuah mobil baru. Sayangnya pembelian asuransi ini sering dilakukan oleh penjual mobil secara otomatis sehingga tidak bisa memilih jenis asuransi yang diinginkan.

Namun sebenarnya Anda juga bisa memilih asuransi mobil sendiri sesuai dengan kebutuhan Anda setelah Anda memahami perbedaan asuransi all risk dengan asuransi mobil TLO. Adapun beberapa perbedaan diantara kedua jenis asuransi ini diantaranya :

Jenis Kerusakan yang Ditanggung

Sebelum memilih asuransi mobil yang akan dibeli, Anda harus terlebih dahulu memahami jenis-jenis kerusakan yang akan ditanggung dalam program asuransi tersebut. Setiap program asuransi memiliki ketentuan yang berbeda mengenai jenis kerusakan yang bisa di klaim dan tidak bisa di klaim.

Anda bisa mengklaim seluruh kerusakan mobil tanpa terkecuali jika Anda memilih untuk membeli asuransi mobil all risk. Jika mobil Anda mengalami kerusakan ringan atau berat, maka pihak perusahaan asuransi akan membayar klaim terhadap kerusakan tersebut.

Jumlah tanggungan asuransi tersebut akan berbeda jika Anda memilih untuk membeli asuransi mobil TLO. Asuransi TLO hanya akan mengganti risiko akibat pencurian dan kerusakan dengan nilai kerugian minimal 75% dari nilai kendaraan. Dengan aturan ini, Anda tidak akan bisa mengasuransikan mobil Anda jika total kerusakan dibawah 75%.

Nilai Asuransi yang Berlaku

Perbedaan lain yang cukup mencolok antara asuransi all risk atau asuransi comprehensive dengan asuransi mobil TLO ( Total Lost Only) terletak pada nilai asuransi yang akan cair. Seperti disebutkan sebelumnya, kerusakan yang di klaim oleh asuransi TLO dan asuransi all risk cukup berbeda sehingga otomatis nilai pertanggungan yang nanti Anda dapatkan juga berbeda.

Setiap perusahaan asuransi memiliki perhitungan berbeda mengenai nilai pertanggungan yang akan dicairkan pada nasabahnya. Namun faktor-faktor yang mempengaruhi penghitungan nilai asuransi mobil all risk dan TLO pada dasarnya cukup sama yaitu kategori nilai kendaraan, wilayah kendaraan terdaftar serta rate asuransi sesuai kategori.

Itulah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh asuransi mobil comprehensive dan asuransi mobil TLO. Pada dasarnya kedua jenis asuransi ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, sehingga Anda bisa memilihnya berdasarkan kebutuhan dan kecocokan Anda setelah mempertimbangkan manfaat dan berbagai faktor yang ada. Jika Anda ingin memilih asuransi dengan nilai pertanggungan yang lebih besar, maka asuransi all risk jauh lebih disarankan dari pada asuransi TLO.

Bagi Anda yang kebingungan saat harus memilih antara kedua jenis asuransi ini, Anda tidak perlu khawatir karena Anda bisa membeli kedua asuransi mobil all risk dan TLO secara bersamaan. Dengan memiliki kedua jenis asuransi ini, manfaat klaim asuransi mobil Anda bisa dirasakan dengan lengkap. Namun tentu Anda juga bisa memilih salah satu dari kedua jenis asuransi ini jika Anda hanya menginginkan satu premi asuransi saja.

Saat Anda memutuskan untuk membeli asuransi untuk mobil Anda, Anda juga bisa memperluas pertanggungan mobil Anda dengan membeli asuransi pertanggungan. Ada beberapa penyebab kerusakan mobil yang bisa ditanggung oleh asuransi perluasan ini seperti kerusuhan, banjir, gempa bumi, dan sabotase.

Anda bisa memilih ketiga asuransi ini secara bersamaan atau memilih salah satu asuransi dengan menambah perluasan pertanggungan untuk menjaga mobil Anda dari berbagai risiko yang tidak diinginkan. Memilih asuransi mobil all risk ataupun TLO sesuai kebutuhan Anda bisa menjadi langkah awal untuk menghindari kerugian di masa depan. Dengan langkah antisipasi yang tepat, Anda bisa dengan nyaman dan tenang menggunakan mobil Anda untuk berbagai perjalanan Anda.