Yuk, Mengenal Lebih tentang Asuransi dan Manfaatnya

Mengenal Lebih tentang Asuransi
Mengenal Lebih tentang Asuransi

Yuk, Mengenal Lebih tentang Asuransi dan Manfaatnya – Rasanya kita semua tidak asing bila mendengar kata asuransi, bukan? Namun pada kenyataannya, salah satu jenis layanan keuangan ini, belum dipahami dengan baik, terutama untuk mereka yang awam.

Baca ajuga artikel lain di : https://shorenza.com/

Jenisnya yang juga beragam, kerap membuat masyarakat pun kebingungan. Sehingga tidak jarang, mereka yang menganggap bahwa semua jenis asuransi adalah sama.

Secara harfiah, asuransi adalah merupakan bentuk perjanjian antara kedua belah pihak. Dimana pihak yang satu dalam hal ini tertanggung, akan membayar iuran kepada penanggung (pihak asuransi) yang memiliki kewajiban memberikan jaminan kepada pembayar iuran tersebut, bila terjadi sesuatu pada pihak pertama sesuai dengan perjanjian yang dibuat sebelumnya.

Perjanjian tersebut kelak akan menjadi dasar penerimaan premi oleh perusahaan asuransi, sebagai imbalan untuk mengganti ataupun mengurangi kerugian yang terjadi. Di dalam perjanjian, pihak tertanggung atau nasabah akan melakukan pembayaran sejumlah premi untuk mendapatkan pertanggungan atas risiko kerussakan, tanggung awab hukum pada pihak ketiga, yang bisa saja diderita tertanggung.

Baca Juga:  Cara dan Tips Investasi Bitcoin Tanpa Modal Lengkap

Hingga menerima pembayaran yang didasarkan pada meninggal atau hidupnya tertanggung. Dimana manfaat yang besarnya telah ditetapkan pada hasil pengelolaan dana. Itu artinya, ketika Anda mengasuransikan sesuatu, berarti Anda menyerahkan atau membagi kerugian dengan perusahaan asuransi tersebut.

Manfaat Asuransi

Setelah mengetahui apa itu asuransi, kini saatnya Anda mengetahui manfaat asuransi adalah:

  1. Memberikan rasa aman dan perlindingan. Dimana dari polis asuransi yang disetujui, Anda yang akan bertindak sebagai tertanggung, akan terindar dari kemungkinan risiko kerugian finansial karena objek telah diasuransikan pada pihak penanggung, atau perusahaan asuransi.
  2. Manfaat yang kedua adalah, bisa membantu Anda mengurangi konsekuensi yang tidak pasti dari suatu keadaan yang merugikan yang tidak bisa diperkirakan sebelumnya. Sehingga biaya atau akibat finansial dari kerugian tersebut, menadi pasti atau relatif pasti.
  3. Asuransi juga bisa dijadikan sebagai sarana untuk menabung, karena uang yang diasuransikan memiliki nilai tunai yang bisa diambil.
  4. Melalui asuransi, memungkinkan Anda untuk meningkatkan kegiatan usaha. Di mana Anda bisa berinvestasi di suatu bidang usaha.
  5. Polis asuransi juga bisa dijadikan sebagai jaminan kredit. Biasanya, ini berlaku untuk jenis asuransi jiwa.
Baca Juga:  Tips Memulai Investasi Bibit Untuk Pemula Yang Harus Anda Ketahui

Jenis Asuransi

Berikutnya, setelah mengetahui pengertian asuransi dan manfaatnya, sebaiknya Anda juga mengenal jenisnya.

  1. Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi yang banyak dikenal adalah asuransi kesehatan. Dimana asuransi ini yang akan menangani masalah kesehatan tertanggung karena suatu penyakit dan menanggung biaya proses perawatan.

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi yang kedua yaitu asuransi jiwa. Asuransi yang satu ini dikenal dengan memberikan keuntungan finansial pada tertanggung atas kematiannya dan bisa dibeli untuk kepentingan sendiri atau dibeli untuk kepentingan orang ketiga.

  1. Asuransi Kecelakaan

Hampir serupa dengan asuransi jiwa, asuransi kecelakaan memberikan pertanggungan risiko kecelakaan akibat dari luar, seperti kecelakaan lalu lintas, kerja, atau kecelakaan diri.

  1. Asuransi Mobil

Asuransi berikutnya adalah asuransi mobil. Produk asuransi ini akan memberikan ganti rugi, bila terjadi kerusakan atau kehilangan pada mobil, baik karena kecelakaan, bencana alam, atau huru hara.

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi punya bisa digunakan pada pendidikan. Jenis asuransi ini akan memberikan jaminan dana pendidikan, bagi anak tertanggung bila tertanggung mengalami risiko meninggal dunia atau cacat tetap total.

  1. Asuransi Dwiguna
Baca Juga:  Inilah Cara Investasi Tanpa Modal Untuk Pemula

Jenis asuransi lainnya adalah Asuransi Dwiguna yang merupakan perpaduan antara produk asuransi dengan akumulasi tabungan. Dimana premi yang Anda bayarkan akan dialokasikan pada tabungan dan juga proteksi.

  1. Asuransi Properti

Jenis asuransi properti merupakan produk asuransi yang bisa memberikan manfaat ganti rugi, bila terjadi insiden pada properti beserta dengan aset di dalamnya, yang diakibatkan karena pencurian, kebakaran, atau bencana alam.

  1. Asuransi Perjalanan

Berikutnya adalah asuransi perjalanan yang bisa digunakan ketika Anda ingin melakukan perjalanan, baik sifatnya bisnis atau traveling. Jenis asuransi ini, bisa dibagi berdasarkan tujuan, seperti asuransi perjalanan domestik, luar negeri, hingga umrah, dan yang lainnya.

Masih ada beberapa jenis asuransi lainnya yang ditawarkan oleh sejumlah perusahaan asuransi. Yang terpenting, kini Anda telah mengetahui bahwa asuransi adalah bagian penting yang seharusnya tidak Anda abaikan karena manfaatnya yang begitu besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.