Mengoptimalkan Halaman Web dengan Lazy Loading

Mengoptimalkan Halaman Web dengan Lazy Loading

Mengoptimalkan Halaman Web dengan Lazy Loading – Kecepatan pengunduhan situs web sangat penting untuk keterlibatan merek. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa rata-rata, pengguna internet mengharapkan halaman dimuat dalam 2 detik atau kurang. Jika pengguna harus menunggu untuk mengakses konten halaman Anda, kemungkinan mereka sudah melihat halaman lain juga.

Saat Anda membuka halaman web, lebih sering daripada tidak, hampir semua konten diunduh sekaligus. Karena pengunjung baru tidak mungkin membaca seluruh konten, ini menyebabkan hilangnya bandwidth dan memori yang terbuang. Ada cara untuk menyiasatinya – pemuatan lambat.

Lazy loading adalah metode pengoptimalan kecepatan situs web yang meningkatkan kinerja halaman web dan meningkatkan waktu pemuatan. Tidak hanya itu juga mendukung mengubah pengguna Anda menjadi pelanggan Anda.

Apa itu Lazy Loading?

Mengoptimalkan Halaman Web dengan Lazy Loading

Setelah halaman web dibuka, itu cache dan membuat data di dalamnya. Namun, tidak ada jaminan bahwa pengunjung akan tetap berada di sana cukup lama untuk membaca seluruh konten. Beberapa pengguna cenderung hanya melihat sekilas halaman, hanya membaca konten teratas dan pergi.

Jadi apa itu lambat dalam memuat ? Ini adalah pemuatan konten halaman yang lambat. Ini adalah alternatif untuk pemuatan massal karena tidak ada jaminan bahwa pengguna akan tetap berada di situs cukup lama untuk membaca konten di bagian bawah halaman.

Waktu yang diperlukan pengguna untuk mencapai contentful paint (LCP) terbesar halaman disebut jalur rendering kritis. LCP adalah kecepatan pemuatan yang bertanggung jawab atas waktu yang diperlukan halaman untuk memuat konten utama. LCP adalah elemen penting dari kecepatan dan pengalaman pengguna .

TRENDING :  7 Tips Cara Mengoptimalkan Crawl untuk SEO

Pada Mei 2020, Google merilis data vital web inti yang bertindak sebagai indikator dasar untuk mengevaluasi bagaimana pengguna akan melihat halaman web. Karena mereka adalah bagian dari algoritme, mereka membantu peringkat SERP dan kinerja situs web. LCP menjadi lebih penting sejak dirilisnya core web vitals.

Bagaimana pengguna berinteraksi dengan halaman web adalah aspek penting dari web vitals inti. Jika waktu rendering kritis meningkat, pengguna meninggalkan halaman. Pemuatan yang lambat dapat berdampak di sini. Jika Anda menunda pemuatan item atau konten yang tidak penting yang ditampilkan di bagian bawah halaman, kemungkinan pengguna Anda tetap berada di halaman lebih tinggi.

Bagaimana Cara Kerja Lazy Loading?

Selain konten tertulis, halaman web juga berisi foto dan video. Foto dan video seringkali berukuran lebih berat dan membutuhkan waktu untuk dimuat di halaman. Bukan hanya kecepatan internet pengguna tetapi juga kecepatan situs web yang membuat pemuatan lebih cepat atau lebih lambat.

Pemuatan lambat hanya terjadi setelah situs di-cache dan dirender. Ini memberi pengguna akses cepat ke informasi yang mereka butuhkan. Ini juga lebih cepat karena situs tidak membutuhkan waktu terlalu lama untuk memuat. Jika konten bawah Anda berisi gambar atau video, Anda harus menghemat bandwidth dan memori.

Saat Anda memasuki halaman web, apa yang Anda lihat di bagian atas halaman adalah konten yang sebenarnya. Bagian bawah, bagaimanapun, akan berisi konten placeholder. Dengan pemuatan lambat, konten situs web hanya akan dimuat setelah Anda menggulir melewati bagian atas. Jadi konten placeholder akan diganti dengan konten sebenarnya hanya setelah Anda mulai menggulir ke bagian bawah halaman.

TRENDING :  Apa itu SEO Semantik & Bagaimana Menggunakannya

Anda perlu mengingat beberapa hal saat menerapkan pemuatan lambat.

Pemosisian penting: Jika Anda menerapkan pemuatan lambat di halaman web Anda, Anda harus memposisikannya dengan benar. Pengguna akan menemukan konten teratas terlebih dahulu dan membuat mereka tertarik dengan konten halaman itu penting. Karena paruh atas dimuat terlebih dahulu, data dan konten yang menarik perlu ditampilkan di sini agar pengguna tetap tertarik dan menghasilkan prospek.

Mengoptimalkan gambar dan video: Saat memuat halaman web, file gambar dan video cenderung memakan waktu paling lama karena file ini lebih besar daripada file konten. Mengoptimalkan gambar dan video ini akan membantu Anda memuat halaman lebih cepat. Memuat gambar dengan lambat, mengompresi foto Anda dengan alat kompresi, dan menghosting video Anda di situs eksternal adalah beberapa hal yang dapat Anda lakukan.

Dampak Lazy Loading di SEO

Lazy loading adalah solusi optimal untuk memuat halaman dengan cepat. Halaman dimuat dengan cepat dan pengguna dapat mengakses konten lebih cepat. Namun, ini dapat memengaruhi peringkat di mesin telusur saat Anda mencoba mengoptimalkan SEO.

Jika ada penundaan dalam pemuatan halaman, mesin pencari tidak dapat meng-crawl seluruh halaman web, dan pemuatan yang lambat berdampak pada crawling ini. Namun, ini tidak berarti bahwa konten halaman Anda akan diabaikan. Hanya akan ada penundaan dan peringkat tidak akan ditampilkan di atas.

TRENDING :  6 Tips untuk Secara Efektif Memanfaatkan Pengujian SEO

Anda dapat menggunakan lazy loading dengan memastikan bahwa konten penting terlihat terlebih dahulu. Anda juga dapat memberikan tautan ke konten yang dimuat lambat. Jadi meskipun seluruh konten tidak dimuat, dengan tautan yang disediakan, pengguna tetap dapat mengakses data yang diinginkan.

Bagaimana Mengetahui jika Situs Membutuhkan Lazy Loading

Tidak setiap situs membutuhkan pemuatan lambat. Salah satu cara untuk mengetahui apakah situs Anda memerlukan pemuatan lambat adalah dengan menjalankannya melalui alat kinerja kecepatan. Alat kinerja kecepatan akan memberi Anda rekomendasi berdasarkan mana Anda dapat menerapkan pemuatan lambat.

Menerapkan pemuatan lambat untuk mengoptimalkan item di situs web Anda dapat memberi Anda peningkatan kecepatan halaman web. Ini termasuk mengurangi pengalihan , menghapus pemblokiran render javascript, mengoptimalkan video dan gambar, dll. Ada kemungkinan Anda melihat ‘tunda gambar di luar layar’ sebagai rekomendasi. Jika Anda menemukan ini, maka situs Anda akan memerlukan pemuatan lambat gambar .

Anda juga dapat memeriksa apakah situs Anda memiliki masalah LCP dengan menggunakan laporan vital web inti di konsol pencarian . Ini akan memberi Anda gambaran jika ada halaman di situs web Anda yang memiliki masalah pemuatan halaman. Jika ada halaman yang memuat lebih dari 4 detik, itu tidak berarti Anda harus menerapkan pemuatan lambat. Ini dapat digunakan sebagai alat ‘tip-off’ untuk mengetahui area mana dari situs Anda yang lebih lambat dan menggunakan rekomendasi lain juga.

Sebelum Anda memutuskan untuk menerapkan pemuatan lambat sendiri, hubungi pengembang. Meskipun mungkin terdengar seperti hal yang sederhana untuk dilakukan, sebenarnya tidak. Sebagian besar host situs web merekomendasikan penerapan pemuatan lambat mereka atau menyediakan plugin pihak ketiga. Ini akan membebani Anda sejumlah uang tetapi dalam jangka panjang, ini akan membantu dalam menghasilkan pendapatan dan keterlibatan merek.

TRENDING :  Mengapa Orang Membuat Blog? Manfaat Blogging

Pemuatan Lambat

Jika Anda menjalankan kampanye SEO, pemuatan lambat bisa sangat bermanfaat.

Mempercepat Waktu Muat Halaman: Harus ada keseimbangan antara mengizinkan pengguna mengakses data dan menghemat bandwidth Anda. Pemuatan yang lambat membuat pengguna mengambil data dengan cepat. Jika informasi yang dicari pengguna berada tepat di bagian atas halaman, pengguna tidak perlu menggulir di bagian bawah. Ini mencegah pemborosan bandwidth.

Streaming pengalaman pengguna juga penting. Jika informasi tersedia tepat di atas dengan mudah, kemungkinan mereka kembali ke halaman Anda meningkat.

Terhubung Lebih Cepat ke Konten: Jika Anda mencoba memuat seluruh halaman dalam satu kesempatan, waktu muat akan lebih tinggi. Artinya pengguna harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan informasi yang mereka butuhkan. Salah satu keuntungan dari lazy loading adalah pengguna dapat terhubung ke konten lebih cepat. Segera setelah bagian atas halaman dimuat, mereka dapat melihat kontennya. Hanya setelah mereka mulai menggulir, mereka dapat melihat konten lebih jauh di bawah. Mereka dapat membaca dan terlibat dalam konten yang mereka butuhkan. Ini juga menghemat bandwidth situs web, jika pengguna tidak tertarik untuk menggulir ke bagian bawah halaman.

Waktu Kunjungan Lebih Lama: Untuk bisnis apa pun yang sedang berkembang, penting untuk mempertahankan dan melibatkan basis pelanggannya. Ketika pelanggan menghabiskan lebih banyak waktu di situs Anda, mereka mengenal merek dengan lebih baik. Ketika informasi diakses dengan cepat, pelanggan cenderung tetap berada di situs, yang mengarah ke prospek bisnis baru. Situs web yang cepat juga berarti bahwa pengguna akan kembali ke halaman untuk mendapatkan informasi di masa mendatang. Keakraban merek ini membantu dalam konversi prospek lebih lanjut.

TRENDING :  Cara Mengatasi Masalah Konten Campuran di Situs Web

Maksimalkan Sumber Daya: Tidak setiap pengguna akan menelusuri situs secara mendalam. Sementara beberapa mungkin hanya melihat bagian atas halaman, yang lain akan menelusuri setiap halaman. Lazy loading membantu dalam memenuhi seberapa banyak informasi yang dibutuhkan audiens. Dengan lazy loading, pertama-tama Anda akan memuat bagian atas halaman. Setelah pengguna mulai menggulir ke bawah, data akan dimuat. Ini membantu dalam memaksimalkan sumber daya. Anda menghemat bandwidth, data, dan lebih sedikit pekerjaan di browser.

Kesimpulan

Kesimpulannya, menerapkan pemuatan lambat dalam kampanye SEO Anda mengoptimalkan pengalaman pengguna dan membantu mengirimkan konten situs web lebih cepat. Ini meningkatkan waktu buka, menghasilkan pendapatan, dan membantu keterlibatan merek. Jika Anda ingin menerapkan pemuatan lambat, layanan SEO akan membantu Anda menjalankan alat diagnostik yang tepat dan menerapkan pemuatan lambat gambar di antara metode pengoptimalan lainnya.

Check Also

Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Backlink adalah tautan di situs web apa pun yang mengarah kembali ke situs web Anda. …