Pahami Asset Likuid Dan Contoh-contohnya

Pahami Asset Likuid Dan Contoh-contohnya

Pahami Asset Likuid – Saat sedang mengontrol finansial, karena itu sebaiknya untuk lakukan investasi. Ada bermacam investasi dengan bervariatif keuntungan yang ada. Ini kali kita akan mengulas asset likuid. Apakah itu asset likuid, factor apa yang memengaruhinya, dan misalnya.

Apakah itu asset likuid?

Mencuplik dari Investopedia, asset likuid sebagai asset yang dapat dirubah ke wujud rupiah secara mudah dalam sekejap.

TRENDING :  Bagaimana Langkah Trik Teknik Metode Cara Beli Saham?

Mempunyai Asset yang likuid sebagai kunci penting untuk pribadi atau perusahaan. Dalam catatan neraca keuangan perusahaan, asset likuid terdaftar pada neraca sebagai asset lancar atau aktiva lancar.

Asset yang Terhitung Kelompok Likuid

Uang kontan terhitung dalam tipe asset paling likuid. Karena uang kontan ialah alat ganti yang legal dan pada akhirannya, tiap orang memerlukan uang kontan.

TRENDING :  Keuntungan Melakukan Tanam Investasi di Bank

Asset yang dapat diubah jadi uang kontan dengan cepat nilainya sama dengan uang kontan tersebut. Argumennya, pemegang asset itu dapat secara mudah menghasilkan uang tunai dalam transaksi bisnis perdagangan.

Factor yang Dampaki Asset Dapat Likuid

Asset itu ada pada pasar yang sudah mapan dan likuid dan ada konsumen yang telah ada dengan jumlah besar.
Proses pemilikan asset itu harus aman dan gampang. Dalam beberapa kasus, saat yang diperlukan untuk mengonversi sebuah asset jadi uang kontan cukup bermacam.

TRENDING :  Seperti Apa Jatah Investasi Emas yang Bagus?

Saat lakukan investasi, salah satunya pemikirannya yaitu asset likuid. Oleh karenanya, pribadi atau perusahaan semestinya lakukan penganekaragaman asset investasi berdasar likuiditas dari tiap-tiap asset.

Umumnya, asset yang terhitung tidak atau mungkin kurang likuid sebagai asset periode panjang. Dalam pengertian lain memerlukan waku lama untuk dirubah jadi uang kontan. Bisa dijelaskan misalnya seperti, seni rupa, real estat dan barang koleksi.

TRENDING :  Daftar Aplikasi Reksadana yang Sudah Resmi di OJK

Selanjutnya, beberapa asset bahkan juga akan alami pengurangan nilai. Ini karena tidak gampang untuk ditransaksikan. Disamping itu, nilainya peluang akan turun karena dipakai dalam sehari-harinya.

Contoh Investasi Paling Likuid:

  • Uang kontan
  • Asset pasar uang
  • Saham
  • Reksadana
  • Obligasi pemerintahan

Check Also

Keuntungan Melakukan Tanam Investasi di Bank

Keuntungan Melakukan Tanam Investasi di Bank

Keuntungan Melakukan Tanam Investasi di Bank – Di saat ini suadah banyak penyuplai service investasi …