Pengenalan Komponen Kopling Sepeda Motor Dan Fungsinya Masing-Masing

Pengenalan Komponen Kopling Sepeda Motor Dan Fungsinya Masing-Masing. Sepeda motor merupakan suatu alat transportasi yang sangat diperlukan bagi semua masyarakat. Biasanya sepeda motor merupakan alat transportasi yang digunakan sehari-hari. Contohnya pergi ke kantor, kuliah, ke pasar dan lain sebagainya.

Perlu anda ketahui bahwa komponen pada motor juga banyak, salah satunya adalah kopling. Kopling ini bermanfaat untuk semua jenis kendaraan bermotor. Fungsi kopling di motor sendiri yaitu menyambungkan pemutaran pada mesin ke transmisi dan juga memutuskannya.

Dalam proses pemutaran akan terjadi pemutusan karena berbagai keadaan, dimana mesin harus dalam keadaan menyala dan tempat poros transmisi yang berada di penghubung roda dalam keadaan diam. Berikut ini merupakan gambaran mengenai komponen kopling sepeda motor dan fungsinya yang bisa menjadi referensi.

Contoh saja, jika kendaraan akan dipacu untuk berjalan, dan jika anda tidak memiliki kopling maka ketika gigi mulai dioperasikan membuat sepeda motor spontan akan berjalan. Tetapi dengan adanya manfaat kopling ini, kita lebih dapat memudahkan dalam pengaturan proses pergerakan yang terjadi di kendaraan dengan pelan.

Secara umum komponen kopling sepeda motor dan fungsinya dibedakan menjadi dua macam yaitu:

  1. Kopling single clutch, kopling ini biasanya digunakan dalam jenis kendaraan beroda 4 atau lebih dari itu. Umumnya jenis kopling satu ini memiliki sifat kering.
  2. Kopling multi clutch, kopling ini biasanya dipakai di kendaraan sepeda motor. Dalam jenis ini komponen kopling sepeda motor dan fungsinya juga memiliki jeni plat kopling yang semuanya terendam di dalam oli/pelumas.
Baca Juga:  Aspek Penting dalam Mencuci Motor serta Harga Mesin Doorsmeer

Mengenai kopling kedua ini, kopling multi cluch disebut juga dengan kopling basah, yang secara umum terdapat perbedaan konstruksi sistem kopling manual di kendaraan bermobil. Walaupun antara kopling mobil dan kopling motor memiliki peran sama yaitu memanfaatkan gerak gesekan, namun di dalam konsepnya alur pemindahan dari sumber tenaga itu sangat berbeda.

Komponen Kopling Sepeda Motor dan Berbagai Fungsinya

Sistem yang terdapat dalam kopling di sepeda motor tersusun dari komponen kopling sepeda motor dan fungsinya juga yang berbeda-beda dalam satu komponen dengan komponen yang lainnya. Untuk mengetahui lebih lanjut mari kita mengulasnya.

1.      Kopling Primary Drive Gear

Bentuk dari komponen ini memiliki ukuran yang terbilang sangat kecil dan letaknya diantaranya berada di area blok mesin kendaraan di bagian kanan. Dan untuk manfaat kopling ini yaitu penghubung putaran-putaran yang dihasilkan dari poros engkol suatu mesin yang terdiri dari semua yang berada pada gigi primer yang nantinya di kopling.

2.      Kopling Primary Driven Gear

Bagian ini disebut sebagai gigi primer, dimana gear memiliki peran menjadi media gesek paling pertama. Komponen kopling sepeda motor dan fungsinya dalam primary driven gear ini memutarkan komponen preassure platedi yang berada di kopling bagian dalam.

Baca Juga:  Daftar Harga Mobil Rolls Royce Terbaru 2021

3.      Kopling Clutch Cover

Letak Clutch cover ini di dalam bagian gigi primer kopling yang melekat. Fungsi dari kopling satu ini adalah mengantarkan proses putaran-putaran yang sudah diterima yang berasal dari gigi primer ke beberapa pressure plate tujuan.

4.      Kopling Multi Clutch Plate

Bagian ini lazim disebut dengan plat kopling atau piringan gesek. Plat ini berbentuk semacam piringan yang terletak di tengah-tengah plat penekan yang berada di kopling. Komponen kopling sepeda motor dan fungsinya sebagai salah satu komponen yang bisa menerima putaran-puran dari pressure plate.

5.      Kopling Multi Friction Plate

Komponen list kelima ini yaitu Multi Friction Plate yang terletak di antara bagian cluth plate dan dihubungkan di bagian gigi primer dan poros transmisi. Fungsinya adalah mengantarkan energi putaran menuju bagian transmisi, hal ini bisa terjadi degan bantuan dari media gesekan.

6.      Kopling Center Gear

Kopling center gear berada di dalam bagian poros transisi motor, salah satu kopling ini terdapat beberapa roda gigi yang bertujuan untuk wadah peletakan kampas kopling. Komponen kopling sepeda motor dan fungsinya yaitu mengantarkan dari proses putaran dari kampas kopling menuju ke poros transmisi.

Baca Juga:  7 Harga Mobil Nissan Terbaru 2021

7.      Kopling Pressure Plate

Pressure plate atau biasanya dikatakan sebagai plat penekan. Kopling ini berada di bagian luar dari kopling motor itu. Plate ini memiliki fungsi guna yaitu media supaya bisa menekan clutch plate masuk kedalam bagian ketika menyalurkan tenaga.

8.      Kopling Pressure Spring

Pressure spring atau dapat dikatakan sebagai pegas penekan memiliki letak yang berada di dalam pressure plate. Komponen kopling sepeda motor dan fungsinya salah satu ini memiliki fungsi yaitu salah satu tenaga yang nantinya dapat memberikan tekanan di bagian plat kopling.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.