Pengertian dan Jenis Fast Charging Pada Smartphone

Pengertian dan Jenis Fast Charging Pada Smartphone

Pengertian dan Jenis Fast Charging Pada Smartphone – Kemampuan untuk mengisi baterai smartphone atau tablet dapat menghemat banyak waktu yang dapat dihemat. Bahkan saat menggunakan smartphone, kita tidak perlu menghabiskan waktu terlalu lama di dekat colokan dengan pengisian cepat.

Oleh karena itu, fitur quick charge kini sangat populer dan banyak dicari oleh para pengguna gadget. Kenyamanan yang ditawarkan dapat menghemat waktu sehingga kita dapat melakukan aktivitas dengan lebih maksimal.

Dulu butuh waktu hingga berjam-jam untuk mengisi daya gadget. Baik smartphone, tablet, jam tangan pintar atau laptop.

Tapi sekarang waktu ini bahkan bisa dikurangi menjadi jam.

1. Kenali Fast Charging

Performa charger biasanya dihitung dari kuat arus dan juga tegangannya.

Amp, atau arus listrik, adalah jumlah listrik yang didapat dari baterai ke perangkat yang terhubung. Sedangkan tegangan adalah kekuatan arus listrik.

TRENDING :  Pentingnya Xiaomi Cloud untuk Para Pengguna Ponsel Xiaomi

Jika Anda meningkatkan tegangan dengan amp, Anda akan mendapatkan watt, atau daya total.

Untuk membuat perangkat lebih cepat dalam mengisi baterai, sebagian besar produsen meningkatkan arus listrik atau tegangan untuk meningkatkan energi potensial.

Kebanyakan pengisi daya cepat standar memiliki rentang tegangan lebih besar dari amp.

Output USB 3.0 standar dengan level 5V / 1A untuk perangkat kecil seperti jam tangan pintar.

Sebagian besar smartphone dapat menggunakan 5V / 2.4A. Untuk pengisian cepat kita membutuhkan sesuatu yang lebih besar seperti 5V, 9V, 12V atau lebih.

Bisa juga menggunakan 3A atau lebih tinggi.

Meski begitu, kita juga perlu mengetahui bahwa tegangan dan arus yang kita gunakan sesuai dengan resistansi maksimum dari perangkat yang digunakan. Salah, jika perangkat tidak cocok dan tidak dapat menarik arus yang besar, itu akan merusak perangkat.

TRENDING :  Manfaat dan Tahapan Membuat Akun Google Play Developer

2. Jenis pengisian cepat smartphone charging

1. Pengisian cepat Apple

Apple menggunakan Pengiriman Daya USB untuk pengisian cepat, sehingga pengguna dapat melihat peningkatan 50 persen dalam masa pakai baterai hanya dalam 30 menit.

Untuk setidaknya mencapai kecepatan ini, kita hanya membutuhkan adaptor 18 W dengan kabel USB-C ke kabel Lightning.

2. Pompa Teknologi Media Ekspres

Beberapa smartphone yang menggunakan MediaTek menggunakan standar Pump Express perusahaan, yang dapat digunakan dalam beberapa versi pada perangkat yang berbeda.

Mereka menyatakan bahwa mereka dapat mengisi baterai hingga 70 persen dalam 30 menit. Bahkan Pump Express 3.0 dan 4.0 hanya membutuhkan waktu setengahnya untuk mengisi daya.

3. Biaya Flash Oppo SuperVooc

Vooc adalah standar yang digunakan oleh Oppo. Perusahaan telah lama menjadi pemimpin dalam teknologi pengisian cepat. Perusahaan telah memegang rekor pengisian cepat tercepat dengan adaptor 65W yang dapat mengisi penuh Oppo Reno Ace hanya dalam 31 menit.

TRENDING :  Manfaat Mengunakan Jasa Service AC Jakarta Barat 24 Jam

Selain itu, Oppo sendiri adalah satu-satunya perusahaan besar yang menggunakan baterai gallium nitride (GaN) di smartphone mereka untuk kinerja dan daya tahan yang lebih baik.

4. Pengisian Cepat Adaptif Samsung

Dengan adaptor pilihan Samsung 10V / 4.5W, Galaxy S20 Ultra dan Note 10+ secara teoritis dapat mengisi daya baterai dalam 45W. Sementara sebagian besar smartphone andalan Samsung terbaru mendukung pengisian cepat adaptif hingga 25W dengan adaptor yang disertakan.

Perlu dicatat bahwa beberapa smartphone Samsung mendukung versi Qualcomm Quick Charge yang lebih lama. Jadi pengguna akan melihat lebih banyak kecepatan saat menggunakan adaptor bersertifikat Samsung.

TRENDING :  Kegunaan dan Cara Mengaktifkan NFC pada Perangkat Android

5. Pengisian nirkabel cepat

Ada juga pengisian nirkabel cepat.

Pengisian cepat nirkabel memudahkan gadget, tentu saja, tetapi kecepatannya tidak sebaik pengisian cepat dengan kabel.

Sebagian besar pengisi daya nirkabel tidak memiliki sistem pendingin atau kipas membatasi kecepatan pengisian hanya 5V / 1A.

Namun sekarang sudah banyak perusahaan yang menawarkan fast wireless charging station. Biasanya dudukan ini dilengkapi kipas untuk meredam panas sehingga gadget bisa dicharge dengan kecepatan hampir seperti kabel fast charging.

Tegangan dan arus tergantung pada dudukan pengisi daya yang digunakan. Di sini pun kita masih harus melihat dan menyesuaikannya dengan kapasitas perangkat kita.

Jika terlalu rendah, gadget tidak akan cepat mengisi baterai. Namun jika terlalu tinggi malah bisa merusak listrik di perangkat kita.

TRENDING :  Cara Mudah Untuk Memperbarui Android

3. Apa yang Anda butuhkan untuk pengisian cepat

Tergantung pada jenis perangkat yang digunakan. Oleh karena itu, pengisi daya cepat yang dapat digunakan dapat bervariasi.

Lihat apa yang didukung ponsel cerdas atau gadget Anda, lalu cari adaptor dinding agar pas dengan colokan yang benar.

Pastikan juga kabel tersebut kompatibel dengan yang digunakan oleh kabel standar dari gadget atau smartphone.

Jika Anda membutuhkan adaptor, kabel, atau stasiun pengisian nirkabel baru, pastikan semuanya dapat digunakan pada perangkat seperti yang standar.

Check Also

Tips Download Video Reels dan IGTV di Instagram Tanpa Aplikasi

Tips Download Video Reels dan IGTV di Instagram Tanpa Aplikasi

SHORENZA.com – Tips Download Video Reels dan IGTV di Instagram Tanpa Aplikasi. Instagram tidak hanya …