Pentingnya, Jenis, dan Meningkatkan Navigasi Situs Web

Pentingnya, Jenis, dan Meningkatkan Navigasi Situs Web

Pentingnya, Jenis, dan Peningkatan Navigasi Situs Web – Navigasi situs web adalah proses menavigasi jaringan sumber daya yang berguna di internet dengan bantuan hypertext atau hypermedia. Navigasi web dimulai dengan era internet pada tahun 1989 dan dengan cepat menjadi jelas bahwa itu akan memainkan peran penting dalam skema World Wide Web. Maju cepat hari ini, itu masih berlaku.

Situs web saat ini telah menjadi kumpulan halaman web canggih yang disatukan tanpa batas. Dasar SEO , seperti struktur navigasi yang mudah diakses dan didefinisikan dengan jelas, membantu pengguna menavigasi kompleksitas situs untuk mencapai informasi yang diinginkan.

Navigasi dapat meningkatkan atau merusak kinerja situs web secara keseluruhan dalam hal mempertahankan pengunjung, membuat mereka tetap terlibat, dan mengarahkan mereka melalui konfigurasi korong. Selain itu, situs bersaing satu sama lain di halaman hasil pencarian untuk mendapatkan lalu lintas maksimum. Dalam kompetisi seperti itu, navigasi yang dirancang dengan buruk dapat menyebabkan lalu lintas ke pesaing.

Pentingnya Navigasi Situs Web

Anda berjalan-jalan melalui situs web hanya untuk tersesat dalam labirin informasi tanpa? Jika ya, maka Anda pasti pernah mengalami navigasi kengerian yang dirancang dengan buruk. Navigasi yang buruk tidak hanya membuat pengguna meninggalkan situs tetapi juga membuat mereka tidak puas. Struktur navigasi yang sederhana dapat membantu pengunjung menemukan informasi dengan cepat, tanpa memutus rantai. Ini dapat menghasilkan kepuasan pengguna dan konversi yang lebih baik. Selain itu, pengguna merasa senang ketika mereka mengendalikan perjalanan mulus mereka melalui situs web.

Memiliki navigasi yang ditata dengan baik juga membantu mesin pencari menemukan dan menemukan lebih banyak halaman di situs web. Ini dapat mengakibatkan peningkatan jumlah halaman yang diindeks. peningkatan jumlah halaman yang diindeks untuk klien sangat penting untuk setiap perusahaan SEO di India .

Koneksi Antara Navigasi Situs Web dan Pengalaman Pengguna

Struktur situs web dan seberapa baik arsitekturnya memainkan peran kunci dalam menentukan pengalaman pengguna situs web Anda. Navigasi situs web mungkin merupakan elemen paling penting dalam membangun situs web. Ini menawarkan pengalaman pengguna yang mulus melalui perjalanan mereka.

mungkin mudah situs web digunakan dan seberapa mudah pengguna dapat menavigasi melaluinya adalah dua faktor penentu kepuasan pengguna. Oleh karena itu, Anda harus meningkatkan navigasi situs web dari sudut pandang pengguna sehingga Anda dapat mengetahui bagaimana pengalaman pengguna dapat dibuat lebih mulus. Berapa lama pelanggan tinggal di situs web adalah bukti kenyamanan dan konten yang ditawarkannya. Oleh karena itu, saat membangun situs web, Anda harus memastikan bahwa pengguna mendapatkan hasil maksimal dengan upaya minimal.

Berbagai Jenis Navigasi Situs Web

Situs web paling sering menggunakan salah satu dari tiga jenis struktur navigasi untuk efisiensi maksimum, yang akan kita bahas di bawah ini.

Navigasi Hirarkis

Navigasi hierarkis adalah struktur navigasi yang paling disukai, terutama untuk situs web e-niaga besar. Ini memiliki pendekatan top-down. Bagian atas terdiri dari halaman umum dan bagian bawah adalah halaman yang lebih spesifik dalam hierarki.

Pentingnya, Jenis, dan Fotonya Navigasi Situs Web

Navigasi Situs Global

Situs navigasi global adalah struktur navigasi yang dirancang untuk hadir di semua halaman situs web seperti bilah navigasi header dan footer. Mereka sebagian besar mewakili bagian atas atau halaman penting di situs.

Tajuk

Pentingnya, Jenis, dan Fotonya Navigasi Situs Web

catatan kaki

Pentingnya, Jenis, dan Fotonya Navigasi Situs Web

Navigasi situs lokal

TRENDING :  Cara Mudah Menghasilkan Uang Dari Blog 2021

Navigasi situs lokal sebagian besar adalah link yang disematkan dalam konten yang mengarahkan pengunjung untuk menemukan lebih banyak halaman terkait di situs. Ini dengan mudah mengarahkan pengguna ke sumber daya yang mereka kunjungi di situs web tertentu.

fitur navigasi situs web yang bagus

Di dunia nyata, setiap bisnis tidak menjual produk atau layanan yang sama, juga tidak memiliki kumpulan pelanggan yang sama. Bahkan tujuan bisnisnya pun unik. Beberapa mungkin memiliki transaksi sebagai tujuan mereka sementara yang lain telah mendaftar untuk buletin sebagai tujuan utama mereka. Seseorang tidak dapat memiliki strategi “ satu ukuran untuk semua ” untuk semua situs web. Ini dapat merusak lalu lintas situs web.

Aturan praktis dalam SEO adalah tidak peduli di halaman mana, seluruh situs web dapat diakses dari tiga klik dari halaman saat ini.

Navigasi situs web yang baik sangat diandalkan pada kombinasi tiga faktor. Memiliki pemahaman tentang elemen menyeluruh dapat membantu merumuskan strategi navigasi yang optimal untuk sebuah situs web. Ketiga faktor tersebut adalah:

  1. Pengguna
  2. Bisnis
  3. Gol

Memahami pengguna dan mengantisipasi perjalanan navigasi mereka dapat membantu dalam menentukanlink yang jelas dan sesuai di situs web. Ini secara signifikan meningkatkan pengalaman pengguna situs yang mengarah ke lebih banyak konversi dan penjualan di situs web.

Sekarang setelah kita mengetahui bagaimana situs navigasi yang baik memberikan efek positif pada bisnis, mari kita lihat cara meningkatkan situs navigasi.

Cara meningkatkan Navigasi Situs Web

Link ke Beranda

Setiap halaman di situs web harus berisi link ke beranda. Bisa dari logo, halaman konten lain atau footer. Pengguna cenderung kembali ke beranda setelah informasi dipilih. Beranda bertindak sebagai tempat sentral, dari mana pengguna dapat menavigasi ke berbagai wilayah di situs web dengan mudah.

Navigasi Rama Seluler

Navigasi ramah seluler sangat penting untuk pengalaman pengguna yang baik dan juga untuk pengindeksan halaman. Sejak Juli 2019, Google telah pindah ke pengindeksan mobile-first , yaitu, akan memberi peringkat halaman berdasarkan versi seluler. Jika navigasi di situs seluler yang rumit dan mencengangkan, hal itu dapat menyebabkan pengalaman pengguna yang buruk, yang memengaruhi pengindeksan halaman.

Jaga konsistensi

menjaga dan penempatan link tetap konsisten di situs web meningkatkan kemungkinan interaksi pengguna. Mengubah link terus-menerus dapat membuat pengguna kecewa dan kesal, membuat mereka tidak puas dan dalam keadaan bingung.

Judul yang relevan

Elemen yang dapat diklik pada halaman harus memiliki judul yang jelas dan cukup jelas. Judul seperti itu mengomunikasikan jenis informasi yang akan ditemui begitu dia mengklik link. Mirip dengan link yang terus berubah, link yang dapat diklik yang mengarah ke halaman yang tidak terkait juga dapat mengganggu pengguna dan mungkin membuat kurangnya kepercayaan.

Link yang Dapat Diklik

Pastikan semua link yang dapat diklik yang ditemukan di situs web berfungsi dengan benar, bahkan link dari menu tarik-turun di bagian header. sebagian besar waktu, pengguna langsung pergi ke halaman sub-kategori dari menu utama. Oleh karena itu halaman-halaman ini harus disorot dan dapat diakses.

kotak pencarian

fitur penempatan dan kotak pencarian sangat penting untuk pengalaman pengguna yang lebih baik. Penempatan kotak pencarian harus sangat terlihat oleh pengguna. Saat pengguna mencari, itu harus selalu mengembalikan hasil yang relevan. Bahkan jika produk tersebut tidak tersedia, setidaknya harus menampilkan produk yang paling dekat dengan hubungannya. Tidak menampilkan hasil dapat mengecilkan hati pengguna.

Breadcrumbs

Remah roti menunjukkan di mana tepatnya di situs web. Ini menambah kenyamanan dan kontrol untuk navigasi. Ini memungkinkan pengguna untuk menavigasi kembali ke halaman lain dalam perjalanan pengguna dengan bantuan satu klik.

Pentingnya, Jenis, dan Meningkatkan Navigasi Situs Web

Tautkan gambar dengan teks Alt

Menggunakan teks Alt adalah praktik yang baik, terlebih lagi jika gambar adalah bagian dari navigasi. Ini teks Deskripsi Alt membantu pengguna untuk mengenali halaman mana yang akan diarahkan oleh link yang menemukannya. Ini juga membantu pengguna tunanetra untuk menavigasi situs web dengan mudah.

catatan kaki

Footer sebagian besar digunakan untuk menautkan halaman privasi dan hukum, tetapi juga dapat digunakan untuk menautkan halaman situs penting. Situs web seperti situs e-niaga memiliki konten yang berat dan telah memanfaatkan sebagian besar ruang ini dengan menautkan ke halaman yang bernilai tinggi di situs.

Gunakan Ajakan Bertinda

Menggunakan Ajakan Bertindak yang tepat di situs web dapat meningkatkan rasio klik-tayang dan interaksi pengguna. CTA yang mendorong pengguna untuk mengambil tindakan yang diinginkan seperti mengisi formulir atau mendaftar ke situs web buletin; sehingga membantu konversi dan penjualan yang lebih baik.

Praktik Terbaik Navigasi Situs Web

Buat Hypertext yang Jelas

Desain situs web tidak boleh menahan kegunaannya. Pengguna harus dapat membedakan antara teks biasa dan hypertext dengan mudah. Pastikan bahwa hypertext diformat secara unik dan berbeda dari elemen lain di halaman Web. Misalnya, Anda dapat menggunakan gaya font atau warna font yang berbeda, menggarisbawahinya, dan sebagainya.

Pisahkan Sidebars

Anda harus memastikan bahwa bilah sisi adalah entitasnya sendiri di halaman Web. Pisahkan dari konten lainnya. Jadikan itu menonjol dengan menggunakan warna latar belakang yang berbeda dari bagian halaman Web lainnya. Ini dapat membantu pengguna mengidentifikasi bagian dari halaman Web yang harus mereka fokuskan. Penting juga untuk memastikan bahwa elemen halaman lainnya jauh dari bilah sisi, sehingga tidak menyatu.

Masukkan Navigasi Anda di Tempat yang Dibutuhkan

Sementara situs web kreatif akan dihargai, ada elemen tertentu dari halaman Web yang diharapkan pengguna berada di tempat yang pasti dan tetap. Bilah pencarian, navigasi tajuk, bilah sisi, dan sebagainya harus berada di tempat yang ditentukan untuknya. Ini adalah praktik industri dan berlaku untuk semua situs web.

Urutan Navigasi Situs Web Anda Penting

Saat menavigasi situs web, sangat penting untuk memberi pengguna semua halaman yang mereka buka di bilah navigasi sesuai urutan pembukaannya. Biasanya, halaman Web di awal dan akhir adalah yang paling penting. Cara lain untuk menjaga urutan navigasi di situs web Anda adalah dengan menyediakan bagian terpenting dari situs web kepada pengguna di tempat yang paling mudah diakses di situs web.

ikuti Navigasi dengan Preferensi Bisnis

Untuk memastikan konversi maksimum pengunjung ke situs web Anda, penting untuk memprioritaskan prioritas bisnis Anda. Mengarahkan pengunjung ke halaman Web tertentu di mana mereka dapat membeli produk/layanan Anda meskipun penting, harus dilakukan dengan cara yang benar. Hal ini dapat dilakukan dengan menciptakan keseimbangan antara melayani keingintahuan pengunjung dan menambahkan link halaman Web yang relevan dengan interaksi pelanggan, seperti halaman Hubungi Kami atau Tentang Kami.

Pengukuran dan Perubahan dalam struktur Navigasi

Mengoptimalkan situs web untuk meningkatkan navigasi adalah proses yang berkelanjutan. Anda harus terus melacak perilaku pengguna di situs, terutama perjalanan pengguna dan laporan peta panas. Perjalanan pengguna dapat mengunjungi halaman tempat pengguna berhenti, sedangkan laporan peta panas dapat memberikan informasi berharga tentang interaksi pengguna di halaman. Informasi ini, kesukaan fitur tertentu setelah UI, UX berubah di situs web.

Navigasi situs web memainkan peran penting dalam keberhasilan bisnis online. Seringkali ini adalah bagian yang paling diabaikan dari proses pengembangan web dengan desain dan multimedia mengambil semua kredit untuk situs web yang sukses. kadang-kadang pengembang memahami pentingnya navigasi situs web. Mengoptimalkan struktur navigasi untuk situs yang lebih kecil dengan menerapkan teknik SEO on-page itu sederhana. Namun, situs yang lebih signifikan mungkin perlu menyewa layanan SEO untuk menyelesaikan masalah yang terkait dengan struktur navigasi yang buruk.

DAFTAR ISI

Check Also

Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Apa itu Backlink dan Mengapa Penting di 2021?

Backlink adalah tautan di situs web apa pun yang mengarah kembali ke situs web Anda. …