Pentingnya Struktur URL Dalam SEO

Pentingnya Struktur URL Dalam SEO

Pentingnya Struktur URL Dalam SEO – URL adalah salah satu elemen SEO yang paling mendasar namun penting. Bahkan saat ini, banyak pakar SEO cenderung mengabaikannya. Struktur URL yang baik dari sebuah situs web dapat membantu mengimprovisasi SEO dengan memberikan pengalaman navigasi yang sangat baik. Itu juga dapat dilacak di Google Analytics atau Adobe Analytics untuk tujuan pemantauan data.

Pada artikel ini, kita akan membahas informasi yang diperlukan tentang URL seperti, apa itu URL? Bagaimana tampilan URL? Apa struktur URL dan pentingnya itu?

Apa Itu URL? Pentingnya Struktur URL Dalam SEO

URL adalah singkatan dari “Uniform Resource Locator” dan digunakan untuk mengidentifikasi alamat dokumen tertentu atau sumber daya lain di internet. URL terdiri dari beberapa bagian yang mencakup “protokol dan nama domain”. Ini memberitahu browser tentang bagaimana dan dari mana untuk mengambil sumber daya.

Contoh URL:

https://www.shorenza.com/seo/

Ini adalah contoh URL yang menampung konten yang terkait dengan SEO E-commerce di domain Infidigit & jalur /e-commerce-seo/. Bersama-sama membentuk URL: https://www.shorenza.com/seo/

Apa itu struktur URL?

Struktur URL adalah anatomi bagaimana URL tertentu terlihat. Biasanya, itu dimulai dengan “http atau https.”

S adalah singkatan dari versi aman situs web di “https.” Disarankan untuk menggunakan “https” untuk berbagai alasan yang dapat Anda baca di sini.

Kemudian ikuti, www dan nama domain Anda, seperti https://www.shorenza.com/seo/ dan kemudian muncul direktori atau jalur tempat konten Anda disimpan yaitu, https://www.shorenza.com/seo/ .

Apa pentingnya struktur URL dalam SEO?

Jika Anda mengamati hasil SERP dengan cermat, Anda tidak akan melihat URL yang memiliki struktur yang tidak tepat. Entah Anda melihat hasil pencarian dengan remah roti atau struktur URL yang tepat.

Setiap hasil pencarian memiliki tiga komponen utama yang akan dilihat pengguna. Mereka:

  1. Judul
  2. URL
  3. Deskripsi

Kami percaya bahwa kesan pertama selalu penting dan mesin pencari seperti Google menanggapinya dengan sangat serius. Berdasarkan komponen ini, pengguna cenderung mengklik hasil pencarian.

Selain itu, ada juga alasan lain pentingnya struktur URL dalam SEO.

Pengalaman pengguna

Struktur URL yang ideal akan menggambarkan halaman web, baik manusia maupun mesin pencari. Ini meningkatkan rasio klik-tayang dan membatasi rasio pentalan. Seharusnya tidak menyertakan parameter yang tidak perlu.

Peringkat

Dalam artikel “200+ Faktor Peringkat ,” Backlinko melaporkan bahwa URL memainkan peran penting dalam menentukan peringkat halaman tertentu. Meskipun URL tidak memiliki kemampuan untuk menentukan peringkatnya sendiri, kata kunci dalam URL dapat meningkatkan peringkat halaman, memberikan visibilitas yang lebih baik. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat URL yang menggambarkan konten dan tidak hanya menambahkan kata kunci secara acak.

Pelacakan di Analytics

Sangat penting untuk mengetahui bagaimana kinerja halaman arahan situs web. Katakanlah situs yang Anda lacak memiliki ribuan halaman arahan. Memiliki struktur URL yang bersih memudahkan untuk mengidentifikasi halaman mana yang menerima jumlah lalu lintas berapa. Anda dapat mengetahui halaman situs web mana yang berkinerja baik dengan melihat halaman arahan.

Tetap Sederhana & Ringkas.

Buat URL yang mudah dipahami, relevan, menarik, dan akurat untuk konten. URL pendek dengan kata kunci yang disematkan ke dalamnya selalu merupakan praktik terbaik. Seharusnya mudah bagi pengguna dan mesin telusur untuk memahami apa yang diharapkan dari URL dengan melihatnya.

Cara terbaik untuk menjaga struktur URL tetap bersih adalah dengan membuatnya ramah SEO. Struktur URL yang ramah SEO menuntut untuk mengikuti struktur tertentu yang dapat bervariasi tergantung pada jenis situs web. Misalnya,

  1. Untuk sebuah blog, strukturnya bisa berupa:
    https://www.domain.com/blog-name . Jika blog Anda memiliki beberapa kategori, maka dapat diubah menjadi: https://www.domain.com/category/blog-name .
  2. Untuk E-commerce, bisa berupa:
    https://www.domain.com/department/category/sub-category/product dimana; dept = pria, wanita, anak laki-laki, perempuan, anak-anak; kategori = pakaian atas ; subkategori = kaos ; produk = kaos hitam

Saat ini, persaingan untuk mendapatkan peringkat teratas di Halaman Hasil Mesin Pencari (SERP) lebih tinggi dari sebelumnya. Bisnis banyak berinvestasi dalam layanan Pemasaran Digital dan sebagian besar ke layanan SEO karena biaya per prospek kurang dari saluran berbayar atau lainnya.