Terapkan Cara Berikut Ini Untuk Membuat Empuk Suspensi Mobil Kalian!

Terapkan Cara Berikut Ini Untuk Membuat Empuk Suspensi Mobil Kalian! Suspensi merupakan rangkaian komponen yang dapat membuat kalian nyaman dalam berkendara karena suspensi berfungsi menahan dan mengumpulkan getaran yang terjadi saat mobil kalian melewati jalan yang bergelombang.

Apabila mobil atau kendaraan kalian melewati lubang atau gelombang di jalan, maka shockbreaker atau yang dapat disebut suspensi inilah yang menahan agar mobil kalian tidak tergetas di jalan, selain itu getaran yang ditahannya membuat kalian mendapatkan kenyamanan saat berkendara.

Untuk mencapai kenyamanan saat berkendara, beberapa orang memilih untuk mengganti shockbreaker atau suspensi bawaan dari mobil dengan suspensi yang baru dengan merk yang berbeda. Namun, ada juga yang memilih untuk tetap memakai suspensi bawaan mobil. Memang beberapa orang dapat memilih cara membuat suspensi mobil empuk sendiri.

Ketahui Apa yang Menyebabkan Suspensi Mobil Terasa Keras

Wajarnya, suspensi akan terasa empuk apabila melewati jalanan yang membuat getaran pada mobil. Namun, beberapa dari kalian pasti ada saja merasakan kerasnya suspensi saat melewati jalanan yang berlubang, bergelombang, atau berbelok. Sehingga kalian merasa terbanting dan tidak nyaman saat menaiki mobil tersebut.

Baca Juga:  5 Harga Mobil Jaguar Paling Mahal 2021

Kerasnya suspensi juga berdampak buruk pada mobil, mobil akan terasa terbanting bahkan dapat terkena getas karena bersenggolan dengan jalanan. Oleh karena itu, kalian wajib mengetahui penyebab suspensi mobil terasa keras, sehingga kalian dapat optimal dalam melakukan cara membuat suspensi mobil empuk.

1.      Pemakaian yang Melebihi Batas Optimal

Penyebab pertama yang menjadikan suspensi mobil kalian terasa keras, biasanya karena usia pakai suspensi yang melebihi batas optimalnya, sehingga fungsi dari suspensi mobil tersebut melemah. Biasanya, setiap suspensi memiliki batas optimalnya, ada yang memiliki batas pemakaian optimal selama 3 tahun atau 50.000 km.

Selain itu, per yang ada di dalam komponen suspensi juga akan melemah, sehingga kemampuan pegasnya akan menurun. Untuk itu, kalian harus tahu bagaimana cara membuat suspensi mobil empuk, bahkan dengan membaca ini kalian dapat menyimpulkan sesuatu yang akan membuat anda mengerti bagaimana mencegah suspensi agar tidak terasa keras.

Masa pakai yang sudah habis juga akan mempengaruhi kebocoran oli, hal tersebut akan mengganggu kinerja suspensi dalam mobil kalian.

Baca Juga:  Bersihkan Jamur di Kaca Mobil Kalian dengan Produk Berikut Ini!

2.      Kondisi Jalan yang Dilalui

Apabila mobil kalian terlalu sering melewati jalan yang berlubang dan bergelombang, maka hal itu akan berpengaruh pada suspensi mobil kalian. Oleh karena itu, cara membuat suspensi mobil empuk serta untuk mencegah suspensi cepat terasa keras, kalian harus menyayangi mobil kalian dengan tidak melewati jalanan yang rusak. Dengan ini, diharapkan suspensi mobil kalian akan lebih awet.

3.      Upper Mounting yang Dipasang Tidak Tepat

Kalian perlu mengetahui bahwa apabila upper mounting yang dipasang tidak tepat, maka suspensi tidak dapat duduk sebagaimana mestinya. Kinerja suspensi akan melebihi batas jika hal tersebut terjadi pada suspensi di mobil kalian

Oleh karena itu, salah satu cara membuat suspensi mobil empuk ialah mengecek apakah posisi upper mounting sudah pas seperti seharusnya. Hal ini akan membuat suspensi mobil kalian akan lebih awet.

4.      Beban yang Terlalu Banyak Dibawa

Kualitas peranti juga akan menurun apabila mobil kalian terlalu banyak membawa beban atau loading. Misalnya mobil kalian terlalu sering membawa penumpang yang banyak atau mengangkut barang berat. Sehingga suspensi mobil kalian juga terlalu terbebani.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Pajak Progresif Mobil Bagi Anda yang Belum Tahu.

Setelah mengetahui hal yang menyebabkan suspensi mobil kalian terasa keras, kalian wajib tahu juga cara membuat suspensi mobil empuk berikut.

Kalian dapat memodifikasi suspensi di mobil kalian. Caranya cukup sederhana yaitu kalian harus membongkar suspensi untuk dipasang per tambahan. Saat menambahkan per, kalian harus menambah oli baru, serta mengisi gas nitrogen agar per kalian tidak berkarat. Setelah selesai merakit per serta menambahkan oli dan gas nitrogen, kalian dapat merakitnya kembali seperti semula.

Selain itu, cara membuat suspensi mobil empuk juga bisa dengan mengurangi tekanan angin 2 sampai 5 psi di bawah standar terutama untuk jalan hancur dan jalan dekat. Apabila kecepatannya masih rendah di bawah 10 ribu, biasanya suspensi masih break in, setelah itu akan terasa lebih empuk.

Leave a Reply

Your email address will not be published.