Tips Membawa Motor Manual Agar Kopling Tak Cepat Aus

Tips Membawa Motor Manual Agar Kopling Tak Cepat Aus – Agar kampas kopling tidak cepat aus, maka inilah cara untuk membawa motor yang tepat dan benar.

Dalam kondisi penggunaan normal dan dengan perawatan mesin yang tepat, permukaan kopling dapat bertahan hingga sekitar 30.000 kilometer atau tiga tahun penggunaan lo.

Tips bawa Motor Manual Agar Kopling Tak Cepat Aus

Namun sebelumnya, banyak juga lho pengendara sepeda motor yang harus mengganti kampas kopling pada sepeda motornya karena cara membawa sepeda motor mereka yang cukup bisa dibilang sedikit salah.

“Kebiasaan memainkan kopling dengan cara setengah mati, atau cara seperti macet, juga lakukannya berhenti atau naik tanjakan, jangan sampai kopling kamu menghadap ke pegangan lho,” kata Ahmad Mujahid, mekanik di perusahaan Kawasaki Kawansakti Bintaro, Tangerang Selatan.

Jika Anda menekan kopling setengah kali berkali-kali percobaan, kanvasnya pun akan terus mengalami gesekan dan beban berlebih, dan akan menyebabkannya cepat terkikis lama-kelamaan.

Baca juga : Cara Berlangganan Netflix

Gunakan juga gearboks manual atau dengan nama lain ini posisi gigi yang sesuai dengan putaran mesin saat menaikinya juga berkendara.

Baca Juga:  3 Cara Menghitung Pajak Progresif Mobil Bagi Anda yang Belum Tahu.

Pria itu juga sedikit menambahkan pernyataan yakni “Untuk menghindari tekanan pada kopling, gunakan gigi rendah saat berkendara perlahan dan gigi tinggi saat berkendara dengan kecepatan tinggi,” tutupnya.

Menggunakan gearbox manual atau dengan nama lain posisi gigi yang tidak sesuai dengan putaran mesin juga dapat menyebabkan putaran mesin sedikit mengalami hal seperti tersendat atau juga masalah yang ada di perngunciannya atau dengan kata lain terkunci.

Saat mengganti persneling, pastikan tuas kopling kamu lakukan dengan ditarik sepenuhnya dan perpindahan gigi semulus mungkin.

Demikian tadi panduan mengendarai motor dengan kopling manual agar kopling yang digunakan bisa lebih hemat.

Sudah hampir diterakhir untukmu jangan lupa bahwa untuk menjaga kondisi kampas kopling, Anda juga semestinya harus mengganti oli mesin dengan secara berkala ya teman teman.

Dengan sistem pelumasan yang tepat, keausan dini pada kampas kopling mesin dapat diatasi juga dicegah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *