Tutorial Cara Cutting Sticker Manual

Tutorial Cara Cutting Sticker Manual. Cutting stiker memang sudah sangat populer waktu-waktu ini bahkan cutting stiker memiliki nilai jual yang terbilang cukup tinggi, hal ini mendasari karena stiker yang telah ditempelkan lebih menyatu dan rapi dengan media yang ditempeli.

Walau dalam penggunaannya memerlukan ketekunan lebih dan juga ketelitian yang besar supaya hasil potongan gambar atau cutting dan huruf yang dihasilkan dapat memiliki nilai estetika yang menarik dan rapi.

Sebenarnya proses pengaplikasian cutting stiker ini tidak terlalu sulit, jika anda sudah menguasainya tentu saja memiliki hasil yang memuaskan tentunya meraup penghasilan dengan cara menjual karya-karya yang telah kalian buat. Proses pembuatannya juga bisa menggunakan cara cutting stiker manual dari pada harus menggunakan mesin cutting yang terbilang mahal jga harganya.

TRENDING :  Tips Memulai Investasi Bibit Untuk Pemula Yang Harus Anda Ketahui

Konsep Dasar Cutting Stiker

Proses produksi cutting stiker merupakan sebuah teknik cara pemotongan gambar ataupun huruf yang nantinya disusun lagi hingga menjadi sebuah kesatuan stiker dalam suatu bentuk gambar dan huruf yang nantinya seolah nampak seperti di cetak dalam permukaan media atau yang kita tempeli cutting stiker itu.

Kemudian, bagaimana ya cara pembuatan cutting stiker itu, atau yang utama sebenarnya apa saja sih bahan yang harus dipersiapkan ketika ingin membuat cutting stiker. Berikut ini berbagai cara yang dapat anda coba dalam membuat cara cutting stiker manual.

TRENDING :  Mau Punya Skin Care Branded Sendiri? Pelajari Hal-hal Ini!

Bahan dan Alat yang Digunakan dalam Pembuatan Cutting Stiker

  1. Bahan utama : Kertas stiker. Cara cutting stiker manual rekomendasi untuk kamu yaitu kertas jenis scothlite. Kertas scothlite yang mayoritas digunakan adalah transign, 3M, kiwalite, xlite, seicholite, da rexlite. Kelebihan yang dimiliki kertas ini yaitu dapat berkilau jika terkena cahaya dalam tepat yang gelap.
  2. Bahan pendukung : cutter, gunting, pensil, masking tape (isolasi transfer), kertas HVS dan juga isolasi yang tembuh pandang (transparan)

 

Berikut ini merupakan cara cutting stiker manual yaitu tanpa adanya mesin software dari komputer. Secara teori dapat dilakukan dengan beberapa lengkah. Ingat untuk selalu teliti dan sabar dalam pengerjaannya jadi nanti akan berhasil juga hasilnya.

TRENDING :  Mengenal Layanan Asuransi Mobil Allianz Sebagai Pertimbangan Sebelum Membeli Asuransi

Pertama, cobalah membuat desain yang kohesif atau dapat dikatakan desain yang padu. Jangan takut untuk menuangkan imajinasi karena meang anda bebas sesuai dengan apa yang kamu inginkan dari segi pandangmu.

Kedua, jika desain dirasa sudah mulai terbentuk, cara cutting stiker manual disini saatnya kamu untuk memotong sesuai sengan pola di dalam desain itu dengan menggunakan gunting.

Ketiga, jika pola sudah digunting, langkah berikutnya adalah dengan penempelan di dalam kertas perekat itu, dengan menggunakan lapisan isolasi yang transparan akan mengamankan potongan dari kertas HVS.

Keempat, cara cutting stiker manual lanjutnya ialah melakukan potongan yang hati-hati dalam proses ketika pemoongan kertas stiker. Pengharapan dengan hasil yang tepat tentunya memerlukan pandangan ke depan dan juga kesabaran ektra dalam tata cara keempat ini.

TRENDING :  Inilah Investasi Online Tanpa Modal Dan Modal Kecil Terpercaya

Kelima, jika dalam proses pemotongan stiker sudah selsai maka hal yang harus dilakukan berikutnya adalah pengelupasan dalam bagian yang dianggap tidak perlu digunakan.

Keenam, cara cutting stiker manual yang terakhir adalah pelekatan cutting stiker dipasang pada bagian yang anda inginkan.

Keunggulan Cutting Stiker Manual daripada Printing Stiker

Memang benar desain yang diapatkan hanya berupa vektor karena hanya menggunakan teknik memotong dan harga yang jauh lebih tinggi. Hal ini dikearenakan dalam pembuatannya di beberapa tempat cara cutting stiker juga ada yang manual, tentu saja prosesnya memerlukan kejelian lebih tinggi daripada printing stiker.

TRENDING :  Yuk, Mengenal Lebih tentang Asuransi dan Manfaatnya

Namun, bukan menjadi suatu yang benar jika cara cutting stiker manual tidak memiliki keunggulan tersendiri. Beberapa dibawah ini merupakan keunggulan-keunggulan yang dimiliki oleh cutting stiker.

Cutting stiker bagai fosfor atau scotlite yang bisa memendarkan di dalam kondisi pencahayaan yang sedikit. Selain itu cutting stiker lebih bisa tahan lama karena warna tidak akan cepat memudar.

Cara cutting stiker manual termasuk kedalam contour cut dimana memiliki gambaran antara desain dan bentuk stiker seutuhnya dari stiker itu sendiri. Jadi penggunaannya lebih fleksibel dalam pengaplikasian di berbagai media.

Check Also

BTPN Jenius Sangat Mudah dalam Bertransaksi

BTPN Jenius Sangat Mudah dalam Bertransaksi

SHORENZA.com – BTPN jenius sangat mudah dalam bertransaksi. Ingin buka rekening tabungan tanpa ribet? Kini …